Ngeri! Arab Saudi Dilanda Banjir Bandang, Jalanan Kota Jeddah Bak Kena Tsunami

Ngeri! Arab Saudi Dilanda Banjir Bandang, Jalanan Kota Jeddah Bak Kena Tsunami

Banjir Bandang di Kota Jeddah Arab Saudi (Tangkapan layar)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Viral postingan video di media sosial twitter yang menggambarkan sebuah banjir bandang yang menerjang kota Jeddah, Arab Saudi, kemarin. 

Banjir bandang itu terjadi pada Kamis 24 November 2022, usai hujan lebat melanda Arab Saudi bagian barat. Banjir itu diketahui melumpuhkan kota, hingga menyebabkan penerbangan terganggu dan bandara ditutup sementara. 

BACA JUGA:Anak-anak Palestina Berduka Atas Korban Gempa: Pray for Cianjur

BACA JUGA:Usai Permalukan Argentina, Arab Saudi Dilanda Banjir Besar, Dua Orang Tewas!

Saudi Press Agency (SPA) menyebut sedikitnya dua orang tewas pada Kamis kemarin, penerbangan pun tertunda dan memaksa sekolah tutup.

"Sejauh ini tercatat dua kematian dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan," kata pemerintah daerah Makkah di halaman Twitter-nya seperti dikutip AFP.

Seorang reporter Timur Tengah, Sebastian Usher, mengunggah video banjir bandang di Jeddah. 

"Saat mega proyek berlanjut untuk Visi 2030, video mengejutkan mobil tersapu banjir setelah hujan lebat di kota ke-2 Kerajaan #Jeddah - orang-orang bertanya kapan masalah abadi ini akan diselesaikan," cuit Usher.

BACA JUGA:1.500 Warga Palestina Gelar Salat Gaib di Masjid Istiqlal untuk Korban Gempa Cianjur

BACA JUGA:Waduh! Nomor Jokowi Hampir Bocor saat Telepon PM Malaysia Anwar Ibrahim

Wilayah Makkah meliputi Jeddah, kota terbesar kedua di kerajaan yang berpenduduk sekitar empat juta orang dan kota Makkah, kota paling suci dalam Islam di mana jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Jalan yang menghubungkan keduanya, yang digunakan banyak peziarah untuk mencapai Makkah, ditutup pada Kamis setelah hujan mulai turun meski kemudian dibuka kembali.

Saluran Al-Ekhbariya yang berafiliasi dengan negara menunjukkan rekaman jamaah di Masjidil Haram di Makkah mengitari Ka'bah di bawah hujan lebat.

Di Jeddah, gambar yang diunggah ke media sosial menunjukkan lalu lintas terjebak banjir bahkan sebagian kendaraan terendam air.

Sumber: