Sulastri Irwan Akhirnya Lulus dari Calon Polwan, IPW Berikan Komentar

Sulastri Irwan Akhirnya Lulus dari Calon Polwan, IPW Berikan Komentar

Sulastri Irwan yang digugurkan Casis Polwan Polda Malut (kanan) ditemani sang ibunda (kiri).-Screenshot YouTube/Tribun Ternate-

Embay Mulya Syarief, tokoh masyarakat Banten sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar mengatakan saat ini merupakan momentum yang tepat bagi Polri melakukan perbaikan guna memenuhi harapan masyarakat pascaperistiwa yang menuai sorotan publik.

Menurutnya, perbaikan yang seyogianya dilakukan institusi Polri merupakan perbaikan sistem yang dimulai dari proses awal, yakni rekrutmen personel.

"Sebagai sebuah institusi bisa dimulai dari 'input', proses, dan nanti baru 'output'-nya. 'Input'-nya itu dari proses awal, yakni rekrutmen yang jujur, terbuka, dan akuntabel. Sementara prosesnya adalah pembinaan melekat," katanya.

Proses pembinaan personel kepolisian, ujarnya, meliputi kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritualitas. Ia meyakini dengan berbagai perpaduan kecerdasan yang dimiliki personel tersebut, maka Polri ke depannya akan lebih dekat dengan kata humanis dan profesional.

"Jangan hanya mengandalkan kecerdasan intelektual, percuma hanya berperilaku baik di depan komandannya, sementara di belakangnya tidak. Tapi kalau mereka merasa diawasi oleh Tuhan maka akan disiplin kapan pun dan di mana pun," tuturnya.

Mabes Polri Tambah Satu Kuota Penerimaan Untuk Sulastri Irwan

Sulastri Irwan, calon Polwan anak petani dari Kabupaten Kepulauan Sula akhirnya diterima menjadi calon siswa (casis) bintara Polri.

Khusus untuk Sulastri Irwan, Mabes Polri akhirnya menambah satu kuota penerimaan untuk Polwan.

Sulastri Irwan akhirnya dilolosan Polda maluku Utara sebagai casis Bintara Polri Gelombang ll 2022.

Padahal sebelumnya, Sulastri Irwan dinyatakan tidak lolos gegara faktor usia meski lulus pantauan akhir (pantukhir) dengan peringkat 3 terbaik.

BACA JUGA:Setelah Viral, Sulastri Irwan Anak Petani Akhirnya Lulus Jadi Calon Polwan, Kapolda Maluku Utara Mengaku Salah

Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko mengatakan Sulastri Irwan dan Rahima Melani Hanafi dinyatakan lolos untuk menjadi casis bintara. 

"Ada berbagai pertimbangan dan diskusi Polda Malut dengan Mabes Polri dan perlu disampaikan ke publik, untuk casis Sulastri dan Rahima, kami nyatakan lulus," katanya dalam konferensi pers di Mapolda Maluku Utara, Senin, 14 November 2022.

Dalam acara tersebut keluarga Sulastri Irwan turun hadir.

Ia menyatakan bahwa hal itu bukan kesalahan anggota atau panitia, melainkan ini merupakan kesalahan pimpinan. Oleh karena itu, selaku Kapolda Malut menyampaikan permintaan maaf kepada Sulastri dan keluarga besarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: