Permudah Penerbitan E Pas Kecil, Kemenhub Dirikan Gerai Nasional di Plaza Kalibaru Jakarta Utara

Permudah Penerbitan E Pas Kecil, Kemenhub Dirikan Gerai Nasional di Plaza Kalibaru Jakarta Utara

Penerbitan e-pas kecil difasilitasi Ditjen Hubla di Plaza Kalibaru Jakarta Utara-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Tingkatkan layanan penerbitan Pas Kecil berbasis elektronik (E-Pas Kecil), Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dirikan Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Andi Hartono mengungkapkan, layanan penerbitan E-Pas Kecil ditujukan bagi nelayan Jakarta Utara yang memiliki kapal dibawah tujuh Gross Ton (GT). 

BACA JUGA:Dampak Fenomena Gerhana Bulan Total, Warga Pindahkan Perabotan Rumah Tangga ke Tempat Lebih Tinggi

BACA JUGA:Waktu Mepet! APBD DKI 2023 Bakal Disahkan Akhir Tahun, Khoirudin: Anggarannya Dicermati agar Tepat Sasaran

"Gerai Nasional Pas Kecil dihadirkan untuk mempermudah dan mempercepat proses sertifikasi kapal penangkap ikan, barang atau angkutan dibawah tujuh GT yang berada di wilayah Tanjung Priok dan sekitarnya," ungkap Andi Hartono, Selasa 3 November 2022.

Menurutnya para nelayan harus memiliki  E-Pas Kecil, yang dimana berfungsi sebagai surat tanda kebangsaan kapal atau sebagai dokumen kepemilikan kapal.

Dirinya menjelaskan, sebanyak 1.000 kuota telah disediakan guna penerbitan E-Pas Kecil guna mengakomodir khusus nelayan di pesisir Utara Jakarta. 

"Target awal kita seribu penerbitan kartu E-Pas Kecil, tapi kalau sampai 3.000 silahkan mau dilanjutkan karena kami komitmen untuk terus membantu nelayan-nelayan kecil," jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Khawatir! Stok Pangan di Jakarta Berlimpah hingga Akhir Tahun, DKI Antisipasi Dampak Resesi 2023

BACA JUGA:Cegah Tawuran di Kampung Bali Sambil Ngopi Bareng Satbinmas Polres Metro Jakpus

Andi Hartono menegaskan, pelayanan pembuatan E-Pas kecil seluruhnya gratis dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh nelayan yang ada di Jakarta Utara.

Secara terpisah Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, menyambut baik adanya pembukaan Gerai Nasional Pas Kecil di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru.

"Kita siap bersinergi mendukung kelengkapan persyaratan bagi nelayan kecil dibawah tujuh GT, Mudah-mudahan tidak kendala dan semua bisa berjalan dengan optimal," ucap Ali Maulana Hakim.

Ali Maulana Hakim menerangkan, adanya pembuatan E-Pas Kecil berguna untuk pendataan, penyelamatan, dan apabila ada subsidi dari pemerintah bisa dimudahkan dan tepat sasaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: