Pemerintah Didesak Terbuka Terkait Hasil Hilirisasi Nikel: Jangan Hanya Sekedar Tebar Pesona!

Pemerintah Didesak Terbuka Terkait Hasil Hilirisasi Nikel: Jangan Hanya Sekedar Tebar Pesona!

Tambang nikel (net) --

BACA JUGA:Dukung Hilirisasi Industri Nikel, Kemenperin Siap Cetak SDM Unggul

BACA JUGA:Sinergi BUMN, PLN Siap Pasok Listrik 75 MW ke Smelter Feronikel Milik Antam

Kebijakan hilirisasi nikel melarang penambang mengekspor ore nikel. Mereka harus menjual kepada industri smelter sesuai dengan harga patokan mineral dalam negeri yang kurang dari setengah harga nikel internasional.

Pekerja yang didatangkan dari luar negeri ditengarai tidak menggunakan visa pekerja, melainkan berstatus turis, bahkan dihebohkan merupakan tenaga kerja kasar. Hal ini kembali menggerus penerimaan negara.

“Jadi dapat dipahami kalau mantan Wapres Jusuf Kalla serta Bang Yos mengkritik keras soal TKA ini. Jangan-jangan dengan fasilitas insentif fiskal dan non-fiskal yang super mewah untuk program hilirisasi nikel yang ada ini malah merugikan kas keuangan negara," ujar Mulayanto.

Belum lagi repotnya kita wara-wiri ke Tesla untuk sekedar menjadi marketing produk setengah jadi nikel ini.  Ditambah harus jadi bemper atas tekanan WTO, karena melarang ekspor ore nikel,” kata Mulyanto.

Karena itu, lanjut Mulyanto, PKS mendesak Pemerintah melakukan evaluasi komprehensif program hilirisasi nikel ini, sebelum mengembang pada hilirisasi tambang lainnya seperti timah dan bauksit.

“Harus clear dahulu road map tahapan dan produk hilirisasinya, sehingga benar-benar tumbuh industri dengan nilai tambah tinggi dan dengan multiflier effect yang besar bagi masyarakat.  Sehingga negara benar-benar diuntungkan,” tandasnya.

Hirilisasi dan Pelarangan Ekspor Bahan Mentah Dinilai Berikan Nilai Tambah untuk Produk Nikel

Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan berkat program hilirisasi dan pelarangan ekspor bahan mentah oleh Presiden Jokowi sukses memberikan nilai tambah bagi produk Nikel.

“Pertama saya kira memang program hilirisasi memberikan dampak yang besar seperti yang saya sampaikan sudah cukup kita menjual tanah kita langsung ke luar negeri, karena dengan adanya program hilirisasi meskipun hanya barang seperempat jadi tapi memberikan dampak yang cukup signifikan bagi penerimaan negara,” ujar Mamit, Sabtu 15 Oktober 2022.

Dengan hilirisasi kata Mamit memberikan dampak pertumbuhan ekonomi tidak hanya bagi perekonomian nasional melainkan juga ekonomi lokal.

“Multiplier effect nya juga perekonomian daerah juga tumbuh dan perekonomian nasional juga mengalami peningkatan, PNBP juga meningkat, pajak juga mengalami peningkatan,” ulasnya.

Ke depan lanjut Mamit hilirisasi ini perlu adanya pengembangan dengan harapan hiliriasasi ini tidak sebatas pembangunan smelter saja atau mengolah barang setengah jadi melainkan bisa sepenuhnya diolah sendiri di dalam negeri hingga menjadi barang jadi.

“Jadi saya kira ini merupakan langkah positif terkait dengan hilirisasi ini meskipun menurut saya perlu ada pengembangan nanti ke depannya terkait dengan hilirisasi ini,” ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: