Masyarakat Bakal Dikenakan Biaya untuk Vaksin Booster Covid-19, Segini Tarifnya

Masyarakat Bakal Dikenakan Biaya untuk Vaksin Booster Covid-19, Segini Tarifnya

Ilustrasi - Vaksin COVID-19.-issak ramadhan-fin.co.id

“Untuk teman teman yang tidak mampu, Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dapat bantuan pemerintah itu mungkin kita cover. Tapi kalau untuk teman-teman wartawan [publik] yang Rp200 ribu setahun ya bantu lah,” katanya. 

Diketahui, PT Bio Farma telah memproduksi vaksin IndoVac produksi dalam negeri.

Vaksin Covid-19 buatan Bio Farma akan dijual dengan harga di bawah Rp100 ribu per dosis.

BACA JUGA:Cakupan Vaksinasi Booster COVID-19 Kabupaten Tangerang Baru 26,8 Persen

Harga Rp100 ribu, menurut Budi tergolong murah karena berdasarkan self-assessment vaksin IndoVac memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) hingga 80 persen.

Dia mengatakan, vaksin IndoVac dengan platform subunit protein yang dikembangkan oleh PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine merupakan vaksin buatan anak bangsa.

Selain IndoVac, ada juga vaksin Inavac dengan platform inactivated virus yang dikembangkan oleh tim peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia. Saat ini vaksin Inavac masih berproses untuk mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Memang diskusi kita kalau vaksin ini harganya sebenarnya murah di bawah Rp200 ribu, ini ancar-ancar kita karena kita masih negosiasi, tapi di luar negeri itu kita berikan harganya di bawah Rp200 ribu,” ujar Budi.

Diutamakan Pelaku Perjalanan

Menipisnya stok vaksin COVID-19 di Indonesia, kemenkes mengutamakan vaksin bagi para pelaku perjalanan. 

Plt. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Prima Yosephine mengatakan, vaksinasi COVID-19 diutamakan untuk para pelaku perjalanan.

BACA JUGA:Tok, Vaksin Halal Covid-19 IndoVac Produksi Indonesia Resmi Digunakan

"Memang stok vaksin kita saat ini sangat minim, jadi yang kita jaga agar tetap tersedia adalah terutama untuk para pelaku perjalanan. Jadi itu yang diutamakan dulu saat ini sambil menunggu kiriman yang akan datang dan pengadaan dari dalam negeri," kata Prima. 

“Dan kita harapkan bulan November semua akan kembali lagi,” sambungnya, Rabu 19 Oktober 2022.

Untuk itu, ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan untuk melakukan vaksinasi booster COVID-19 di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebelum jadwal keberangkatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: