Flu Burung Menular ke Manusia di Kalimantan Selatan, Menkes Budi Ungkap Beberapa Bukti Temuan

Flu Burung Menular ke Manusia di Kalimantan Selatan, Menkes Budi Ungkap Beberapa Bukti Temuan

Pemusnahan hewan terjangkit flu burung-Yonhap-REUTERS via ANTARA

Flu Burung Menular ke Manusia di Kalimantan Selatan, Menkes Budi Ungkap Beberapa Bukti Temuan - Kasus Flu Burung yang menular dari unggas ke manusia dikabarkan ditemukan di Kalimantan Selatan.

Terkait informasi penularan Flu Burung dari hewan ke manusia, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin buka suara.

Dikatakan Menkes Budi, laporan kasus Flu Burung yang diduga menular ke manusia di Kalimantan Selatan pada awal Februari 2023 masih harus dibuktikan secara saintifik.

"Katanya ada (penularan Flu Burung pada manusia), cuma harus science base dan evidence base. Kami harus lihat surveilensnya di unggasnya, di hewannya, kalau ada hewan-hewan yang mendadak mati banyak," katanya, Jumat, 3 Maret 2023.

BACA JUGA:Awas! Flu Burung Dapat Menular ke Manusia, Begini Ciri Unggas yang Terpapar

BACA JUGA:Awas! Virus Flu Burung Mulai Merebak di Tubaba

Diungkapkan Menkes Budi, tim peneliti segera mempercepat pengambilan sampel darah untuk dites melalui metode genome sequencing.

Sehingga jenis virus yang mengidap di pasien bisa diketahui.

"Kalau ternyata dia H5N1, itu Flu Burung. Itu ada kontaminasi dari hewan-hewan atau unggas-unggas di sana. Jadi surveilensnya kami, biasanya karena penularannya dari hewan, nah ini dari unggas dan sedang dicari tahu," ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah bekerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya surveilans di lapangan.

BACA JUGA:Flu Burung Jenis Baru Sudah Masuk Indonesia, Begini Antisipasi DPKP Kabupaten Tangerang

BACA JUGA:Belum Usai Virus Corona, Cina Kembali Diserang Wabah Flu Burung

Namun ditegaskannya, hingga saat ini belum pernah terjadi penularan Flu Burung dari manusia ke manusia. 

Meski demikian, upaya pencegahan harus dilakukan.  Masyarakat diimbau memakai masker, rajin cuci tangan, dan meningkatkan pengawasan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: