Karakter Kepercayaan

Karakter Kepercayaan

Rishi Sunak resmi terpilih sebagai PM Baru Inggris menggantikan Liz Truss-Istimewa-@rishisunakmp--

Kemarin Sibor (Singapore Inter-Bank Offered Rate) lebih rendah dari Libor. Ini gila yang lain lagi. Sibor hanya 3.79. Pun bila pinjaman Anda Sibor+3 masih lebih murah dari Libor+2.

Begitu berat problem yang dihadapi Sunak. Ia harus atasi itu. Sunak adalah pendukung Brexit –Inggris keluar dari ekonomi Eropa. Kini merdeka itu ternyata terjajah.

Waktu kampanye Brexit dulu, Sunak memimpikan Inggris segera punya pelabuhan bebas bea. Itu melambangkan aliran ekonomi pasar yang ia anut. Ia, waktu itu, juga menggagas pasar uang dalam bentuk bond untuk pengecer, usaha kecil dan menengah.

Dua hal itu belum disinggung dalam pidato lima menitnya. 

Kini Sunak penguasa di Inggris. Janjinya pendek: "Saya akan perbaiki kerusakan ekonomi ini" –seperti ia ucapkan di pidato pertamanya sebagai perdana menteri Selasa lalu.

Ada ucapan lainnya yang dikutip media secara luas: "Kepercayaan itu diperoleh, saya akan bisa memperoleh kepercayaan itu dari Anda semua".

Sunak percaya, kepercayaan tidak bisa datang begitu saja. Harus kerja keras. Juga tidak bisa didapat dengan cara merebut atau merampoknya. Sunak akan mengusahakan mendapat  kepercayaan itu lewat kerja kerasnya. Tidak lewat pencitraan. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Inisial B

1 hari

Jaga Hati

1 minggu

Politik Hati

1 minggu

Emas Bodoh

1 minggu

Nilai Wong

1 minggu

Nilai 95

2 minggu