News

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Diikuti Prabowo dan Anies

fin.co.id - 26/10/2022, 11:28 WIB

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Hasil survei litbang Kompas terbaru menempatkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai yang tertinggi.

Diketahui, litbang Kompas merilis survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus menanjak, sementara Prabowo Subianto mengalami penurunan.

BACA JUGA: Relawan Heran, Ganjar Disanksi PDIP Tapi Tidak Ada Pelanggaran

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Dapat Sanksi dari PDIP Gegara Siap Maju Capres

Survei Litbang Kompas ini diselenggarakan pada jangka waktu 24 September-7 Oktober 2022. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka ini dengan total 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

Adapun penarikan sampel diambil secara acak sederhana. Tingkat kepercayaan survei tersebut 95 persen dan margin of error penelitian 2,8 persen.

Dalam survei tersebut, Litbang Kompas memisahkan kandidat capres dengan elektabilitas di atas 10 persen dan di bawah 10 persen. Kategori di atas 10 persen masih diduduki Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto hingga Anies Baswedan.

Namun, jika dibandingkan dengan survei sebelumnya pada Juni 2022, Prabowo mengalami penurunan. Sementara tren Ganjar naik tipis.

BACA JUGA: Bertemu dengan Anies, AHY: Banyak Titik Temu dan Kesamaan Cara Pandang

BACA JUGA:Di Depan Hasto, Ganjar Pranowo: Semua Kader PDIP Harus Siap Jadi Calon Presiden

Anies juga mengalami kenaikan hampir mendekati Prabowo. Berikut tren elektabilitas ketiga kandidat tersebut:

Prabowo Subianto

Juni 2022: 25,3 persen

Oktober 2022: 17,6 persen

Ganjar Pranowo

Admin
Penulis
-->