News

Hidayat Nur Wahid Soroti 4 Obat Sirop Anak Meresahkan yang Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut: Waspadalah

fin.co.id - 19/10/2022, 14:37 WIB

Wakil Ketua MPR RI 2019-2024 dari fraksi PKS Hidayat Nur Wahid.

JAKARTA, FIN.CO.ID - Politikus PKS Hidayat Nur Wahid soroti 4 obat sirop anak yang meresahkan dan diduga jadi penyebab gagal ginjal akut dengan bilang waspadalah.

Hidayat Nur Wahid menyampaikan pendapatnya pada sebuah kicauan lewat akun media sosial Twitter bernama @hnurwahid yang telah terverifikasi.

Wakil Ketua MPR RI (2019-2024) itu terpantau memang aktif dalam memakai platform tersebut untuk menyuarakan sudut pandang pribadinya.

Kali ini Hidayat Nur Wahid turut buka suara terkait adanya dugaan 4 obat sirop anak jadi penyebab gagal ginjal yang baru-baru ini terjadi.

BACA JUGA: BPOM Sebut Obat Sirup Mengandung Etilen Glikol Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut Tidak Beredar di Indonesia

"Waspadalah, untuk kesehatan dan keselamatan anak-anak dari kondisi gagal ginjal misterius," tulis Hidayat, 17 Oktober 2022.

Cuitan Hidayat Nur Wahit perihal ini mendapat 50 komentar, 518 retweets, dan 1.430 likes dari warganet sampai berita ini terbit.

Selain itu pada cuitan sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKS itu juga turut prihatin akan fenomena ratusan anak Indonesia alami gagal ginjal misterius.

"Sangat memprihatinkan. Berdasarkan laporan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) sudah 152 anak yg dilaporkan terjadi gagal ginjal misterius," beber Hidayat.

BACA JUGA: Ramai Gagal Ginjal Akut Dialami Anak, Ini Panduan BPOM Terkait Obat Sirup, Ibu-Ibu Wajib Baca!

"Penting kolaborasi maksimal dari Kementerian PP & Perlindungan Anak dengan Kemenkes, BPOM, dan orang tua. Untuk selamatkan generasi pelanjut Bangsa," sambungnya.

Kicauan Hidayat yang ini mendulang enam komentar, 40 retweets, dan 91 likes dari netizen sampai berita ini tayang.

Sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi memberitahukan, adanya informasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenai obat sirop untuk anak yang terkontaminasi dietilen glikol dan etilen glikol di Gambia, Afrika.

Pemerintah Gambia sebelumnya telah melaporkan kematian puluhan anak dalam beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA: BPOM: Produk Maiden Pharmaceutical Tidak Terdaftar, Termasuk Makoff Baby Cough Syrup dan Magrip N Cold Syrup

Admin
Penulis
-->