Jokowi Ucap Kalimat Tak Terduga Sambut Presiden FIFA di Istana Merdeka

Jokowi Ucap Kalimat Tak Terduga Sambut Presiden FIFA di Istana Merdeka

Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) berjabat tangan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).-Screenshot YouTube/KOMPASTV-

BACA JUGA:Ahmad Riyadh Ucap Keterangan Tak Terduga Saat Ditanya PSSI Tak Punya Kantor dan FIFA Akan Berkantor di Mana

Dan kelima, pendampingan dan benchmarking, yang mengharuskan lembaga-lembaga dan kepakaran bidang keselamatan dan keamanan stadion perlu dijangkau untuk menetapkan perbandingan sistematis terhadap praktik-praktik terbaik secara global.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022.

Menurut laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diserahkan kepada Presiden Jokowi pada Jumat (14/10), Tragedi Kanjuruhan menimbulkan sedikitnya 132 korban jiwa, 96 korban luka berat, dan 484 lainnya luka sedang serta ringan.

Perwakilan FIFA Sudah Temui PSSI

Sebelumnya perwakilan FIFA, tepatnya bagian Development Project Coordinator Niko Nhouvannasak ke Jakarta dimanfaatkan betul oleh PSSI untuk berdiskusi soal banyak hal.

BACA JUGA:Laga Persahabatan FIFA, Timnas Putri Indonesia Taklukkan Singapura

Niko Nhouvannasak bertemu dengan sejumlah pengurus PSSI mulai dari Ketua Umum Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, dan Wasekjen Maaike Ira Puspita.

"Kedatangan FIFA ke Indonesia untuk memastikan dukungan dan bantuan kepada PSSI," kata Niko dilansir laman resmi PSSI.

Niko mengatakan kedatangannya ke Jakarta juga untuk mengumpulkan data dan memeriksa situasi yang terjadi pada saat insiden Kanjuruhan.

"Kami (FIFA dan PSSI) sedang menyusun rencana aksi yang konkrit dan 'timeline', untuk memastikan seluruh persiapan berjalan dengan tepat agar kompetisi di Indonesia segera bergulir lagi," tutur Niko.

BACA JUGA:Horeeee FIFA

Niko juga memastikan FIFA akan membantu PSSI, sebab Indonesia akan berada di panggung dunia pada event G20 tahun ini dan Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: