Apresiasi Kebijakan Erick Thohir, Komisi VI DPR Dorong BUMN Terus Berpihak ke Ekonomi Rakyat

Apresiasi Kebijakan Erick Thohir, Komisi VI DPR Dorong BUMN Terus Berpihak ke Ekonomi Rakyat

Menteri BUMN Erick Thohir-@erickthohir-Instagram

JAKARTA, FIN.CO.ID- Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengapresiasi nilai belanja seluruh BUMN terhadap produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencapai Rp 24,5 triliun.

Pembelian produk UMKM oleh BUMN sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo alis Jokowi yang meminta agar kementerian dan lembaga membeli produk dalam negeri. Karena hal ini dinilai penting untuk membantu menjaga ekonomi nasional.

“Memang sudah sepatutnya BUMN juga memberikan kesempatan, memberikan peluang bagi tumbuh kembangnya UMKM. Rp 24,5 triliun angka yang sangat besar dan juga membantu perkembangan UMKM Indonesia,” kata Intan dalam keterangan tertulisnya, Minggu 9 Oktober 2022.

Intan juga menyoroti kegiatan Pasar Digital (PaDi) UMKM Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN di Sarinah - Thamrin. Dimana dalam pelaksanaannya, PaDi UMKM Expo yang menghadirkan produk-produk usaha lokal dari berbagai daerah, melibatkan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BACA JUGA:Kawal Transformasi Sepakbola Nasional, Erick Thohir Sebut Presiden FIFA Bakal Ngantor di Indonesia

BACA JUGA:Erick Thohir Temui Bos FIFA, Pengamat: Upaya Selamatkan Sepak Bola Nasional

"Jadi bukan hanya mengejar keuntungan semata dalam menjalankan bisnisnya, dengan begitu masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya melalui pendampingan usaha masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, kementerian/lembaga dalam kondisi sekarang, setelah dihantam badai pandemi Covid-19 dalam 2,5 tahun terakhir, harus bersama-sama mengambil peran melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga bisa mendorong bagi pemulihan ekonomi.

Kementerian BUMN yang menjadi mitra kerja Komisi VI DPR, dari catatan Intan Fauzi sudah berupaya mendorong pemulihan ekonomi melalui beberapa perusahaan plat merah. Seperti Expo di Sarinah yang digelar sejak 28 September hingga 2 Oktober 2022 dan salah satunya melibatkan PT PLN.

BACA JUGA:Erick Thohir Ajak Organisasi Islam Ambil Bagian Majukan Ekonomi Umat

BACA JUGA:Erick Thohir Temukan Kesalahan Data yang Disebar Bjorka: Harusnya Universitas Bukan SMA

Ditekankan pula bahwa pendampingan UMKM harus dilaksanakan secara menyeluruh. Dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dalam pengembangan usaha masyarakat. Sehingga dalam prosesnya, usaha masyarakat menjadi lebih terarah dan tentu saja menguntungkan.

"Kami, di Komisi VI terus mendorong Kementerian BUMN memberikan porsi lebih, memberikan keberpihakan pada sektor UMKM. Karena apa? Keberpihakan pada usaha masyarakat ini adalah bagian terpenting dalam membangun ekonomi kerakyatan," tegas Intan yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Jabar VI. 

PaDi UMKM Expo 2022 menghadirkan 40 UMKM yang telah dilakukan proses kurasi. Exhibitor pameran yang digelar secara online itu diikuti 412 UMKM yang merupakan binaan dari 8 instansi atau organisasi yaitu Kementerian Koperasi & UKM, Dekranas, Bhayangkari, HIPMI, IWAPI, NU, Muhammadiyah dan Rumah BUMN.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: