Ini Spesifikasi Motor Suzuki GSX-RR Alex Rins Saat Jadi Juara MotoGP Australia 2022

Ini Spesifikasi Motor Suzuki GSX-RR Alex Rins Saat Jadi Juara MotoGP Australia 2022

Motor Suzuki GSX RR yang digunakan Alex Rins (Twitter @Rins42)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Alex Rins berhasil meraih podium utama dalam seri balap MotoGP Australia 2022, di sirkuit Phillip Island, Minggu 16 Oktober 2022, siang. 

Ini adalah keberhasilan tim Suzuki Ecstar setelah sekian lama tidak naik podium di seri balapan MotoGP. 

BACA JUGA:Tak Terbantahkan, Kemenangan Alex Rins di MotoGP Australia 2022 Sangat Spesial

BACA JUGA:Juara 2 MotoGP Australia, Sinyal Marquez Bakal Rebut Juara Dunia Musim 2023

Banyak yang penasaran, spesifikasi motor yang digunakan Alex Rins, hingga bisa "mengasapi" Honda dan Ducati di MotoGP Australia 2022. 

Mesin in-line motor MotoGP Suzuki GSX-RR mampu mempecundangi mesin-mesin V4 Honda dan Ducati. Seperti apa ya spesifikasi mesin Suzuki GSX-RR itu?

Berbeda dengan motor Honda, Ducati, KTM, hingga Aprilia yang mengusung mesin V4, motor prototipe Suzuki itu memakai konfigurasi in-line seperti mesin motor MotoGP Yamaha YZR-M1.

Bicara spesifikasi, secara dimensi Suzuki GSX-RR memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.140 mm, serta wheelbase (jarak sumbu roda 1.457 mm).

BACA JUGA:Quartararo Ogah Nyerah Kejar Gelar Juara Dunia MotoGP 2022, Begini Katanya

BACA JUGA:Alex Marquez Kena Penalti Gegara Tabrak Jack Miller Hingga Gagal Finis

Motor ini dibekali mesin berpendingin cairan, 4 stroke in-line 4 cylinder, DOHC 4 valve, berkapasitas 1.000 cc. Tenaga maksimum yang bisa dikeluarkan motor ini mencapai lebih dari 176 kw atau 240 PS. 

Adapun kecepatan maksimumnya adalah 340 km/jam. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui gearbox 6 percepatan yang didukung Seamless System.

Motor berbobot 157 kg ini menggunakan sasis twin-spar aluminium, dan dibekali suspensi depan dan suspensi belakang dari Öhlins. Untuk remnya sudah menggunakan rem cakram berbahan karbon besutan Brembo. Sementara software-nya menggunakan besutan Magneti Marelli.

Podium di Sirkuit Phillip Island yang dipersembahkan Alex Rins bisa menjadi kenang-kenangan manis bagi Suzuki. Pasalnya pabrikan asal Hamamatsu Jepang itu akan meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022.

Sumber: