Ini Kunci Antisipasi Banjir Jelang Puncak Musim Penghujan yang Harus Diperhatikan Pemerintah

Ini Kunci Antisipasi Banjir Jelang Puncak Musim Penghujan yang Harus Diperhatikan Pemerintah

Evakuasi warga terdampak banjir. Foto Ilustrasi-Istimewa-

Sementara itu, terkait dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kata dia, bisa dilakukan dari sisi sumber daya manusia yang terlibat dalam penyiapan upaya mitigasi maupun sumber daya manusia yang berpotensi terdampak banjir.

"Sumber daya manusia diperlukan dalam merancang dan membangun infrastruktur pengendali banjir dan teknologi peringatan dini banjir serta dalam menyebarluaskan dan meyakinkan masyarakat pentingnya informasi peringatan dini banjir," katanya.

Bagi masyarakat, kata dia, kapasitas dalam memahami dan memanfaatkan informasi yang tersedia untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan diri banjir sangat diperlukan.

BACA JUGA:Airin Sebut Mad Romli Jadi Bupati Tangerang di Jalan Santai HUT Golkar ke-58

"Dengan demikian maka segala upaya mitigasi yang telah disiapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh pihak," katanya.

Yanto juga menambahkan bahwa tujuan dari mitigasi banjir adalah untuk mengurangi risiko bencana.

"Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan upaya mengurangi debit banjir maupun mempersiapkan masyarakat sehingga dampak yang mungkin ditimbulkan dapat diminimalkan," katanya.

Puncak Musim Hujan

Jakarta banjir akibat hujan deras yang mengguyur pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Sementara puncak musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada Desember 2022 hingga Januari 2023. Sedangkan Oktober baru memasuki musim hujan.

Pada Kamis, 6 Oktober 2022 siang, hujan deras mengguyur Jakarta. Akibatnya sejumlah wilayah Jakarta banjir.

BACA JUGA:Survei: Suara NasDem Meningakt Usai Dukung Anies Baswedan

BACA JUGA:BMKG Perkirakan Puncak Musim Hujan di Sebagian Wilayah Indonesia Terjadi Pada Desember 2022

Tragisnya banjir yang terjadi pada Kamis, 5 Oktober 2022 mengakibatkan tiga siswa MTsN 19 Jakarta meninggal dunia dan dua luka-luka.

Ketiga siswa itu meninggal dunia akibat tertimpa tembok pembatas bangunan di belakang panggung terbuka MTs N 19 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: