Diterjang Angin Puting Beliung, 16 Rumah di Bandung Rusak dan 56 Jiwa Terdampak

Diterjang Angin Puting Beliung, 16 Rumah di Bandung Rusak dan 56 Jiwa Terdampak

Angin puting beliung kota [email protected]

FIN.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat 16 rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung yang kembali menyapu Kampung Citawa, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 24 Februari 2024 sore. Akibatnya, belasan kepala keluarga (KK) dan 56 jiwa terdampak.

“Sampai dengan saat ini tercatat ada 16 rumah yang terdampak akibat angin puting beliung kemarin,” ujar Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat saat dihubungi, Minggu 25 Februari 2024.

BACA JUGA:

Hadi menjelaskan, hingga saat ini personel BPBD Jabar maupun Kabupaten Bandung dan dibandu petugas TNI-Polri terus berupaya memperbaiki atap rumah warga yang rusak. Selain itu, katanya, material yang terbang akibat diterjang puting beliung sedang dibersihkan.

“Kita sedang melakukan pembersihan material rumahnya yang berterbangan dengan dibantu oleh personel TNI/Polri di lokasi kejadian,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga masih melakukan pendataan atau validasi rumah warga yang terdampak bencana dan tidak menutup kemungkinan jumlah rumah warga yang rusak akan bertambah. "Untuk dampak masih dalam validasi saat ini BPBD masih melakukan asesmen,” ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata Hadi, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada karena bencana serupa berpotensi terjadi kembali berkaitan dengan menjelang puncak musim hujan pada Maret.

“Diharapkan masyarakat tetap tenang dan juga waspada oleh potensi musim hujan ini. Yang harus diwaspadai bila mana ada potensi awan hitam sebaiknya menepi terlebih dahulu minimal ke tempat bangunan permanen,” tuturnya.

Sebelumnya, angin puting beliung dengan kecepatan mencapai 36,8 kilometer per jam yang menerjang lima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Rabu 21 Februari 2024.  

Untuk wilayah terdampak di Kabupaten Bandung berada di Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi. Sedangkan di Kabupaten Sumedang berada di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung.

BACA JUGA:

Berdasarkan data yang diperoleh BPBD Jabar, sebanyak 1.191 rumah mengalami kerusakan dengan mengakibatkan 1.228 kepala keluarga terdampak atas kejadian itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: