Waspada Terjadi Kerusakan, Ini Tips Merawat Sepeda Motor saat Musim Hujan

Waspada Terjadi Kerusakan, Ini Tips Merawat Sepeda Motor saat Musim Hujan

Ilustrasi Tips Merawat Sepeda Motor saat Musim Hujan--Google Photos

FIN.CO.ID - Mengawali Awal tahun 2024, musim hujan di Indonesia belum juga berakhir dan belakangan intensitas hujan di beberapa titik semakin deras.

Indonesia yang sebagai besar menggunakan sepeda motor, tentunya berpengaruh dengan curah hujan dan banjir yang sering muncul usai hujan terjadi.

Musim hujan membuat berbagai komponen sepeda motor menjadi rusak, terlebih banyak pengendara yang tidak peduli dengan perawatan.

Terdapat beberapa perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik sepeda motor, agar tidak menyebabkan kerusakan, usai menerobos hujan ataupun banjir.

BACA JUGA : 

Berikut dibawah ini, beberapa tips merawat sepeda motor saat musim hujan yang dapat kamu lakukan dengan mudah:

1. Rajin Mencuci Sepeda Motor

Tips merawat sepeda motor saat musim hujan pertama, kamu harus rajin mencuci motor untuk menjaga kebersihan kendaraan dari kotoran atau sisa-sisa air hujan yang menempel.

Hal itu dilakukan, guna mencegah korosi pada komponen sepeda motor yang disebabkan air hujan. Serta kamu langsung mencuci motor di rumah, setelah berkendara di cuaca hujan.

2. Periksa Kondisi Ban

Tips merawat sepeda motor saat musim hujan kedua, periksa kondisi ban secara rutin, karena jalanan cenderung basah dan licin selama musim hujan.

Jalanan yang basah dan licin, kerap membuat angin ban cepat berkurang dan berpotensi bocor. Ban yang sudah haus, juga dapat menyebabkan selip saat berkendara.

3. Periksa Sistem Pengereman

Tips merawat sepeda motor saat musim hujan ketiga, kamun harus mengganti kampas rem apabila sudah hampir habis untuk menghindari terjadinya traksi pada ban.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: