Survei: Suara NasDem Meningkat Usai Dukung Anies Baswedan

Survei: Suara NasDem Meningkat Usai Dukung Anies Baswedan

Anies Baswedan duduk bersama dengan ketua partai NasDem Surya Paloh-syaiful hakim-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID- Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC membeberkan temuan hasil surveinya yang dilakukan sejak tanggal 5 hingga 13 Agustus 2022. 

Dalam surveinya menyebut, terjadi kenaikan pemilih partai NasDem usai Surya Paloh umumkan nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo serta Andika Perkasa sebagai bakal calon yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendang. 

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, kenaikan pemilih NasDem ini berasal dari massa pemilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Jumlah pemilih Nasdem dari Anies Baswedan diprediksi mengalami peningkatan, setelah partai itu mencalonkannya sebagai calon presiden pada Pilpres 2024, beberapa waktu lalu.

"Pada survei terakhir di bulan Agustus, masa pemilih Anies yang mendukung Nasdem naik menjadi 8,1 persen," kata Deni Irvani dalam tayangan Youtube SMRC TV, dikutip Jumat 7 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Anies dan AHY Bertemu Hari Ini, Bahas Apa?

BACA JUGA:Sikapi Sejumlah Kader yang Mundur Usai Nasdem Usung Anies Baswedan, Irma Chaniago Beri Komentar Mengejutkan

Deni mengatakan, NasDem mulai menarik massa pemilih Anies Baswedan sejak Agustus 2022 lalu.

Dikatakannya, NasDem menarik pemilih Anies Baswedan lebih kuat dibanding dengan pemilih dari dua tokoh ainnya.

"Kelihatan NasDem pada survei Agustus 2022 sudah mulai menarik massa pemilih Anies secara lebih kuat ketimbang massa pemilih dua calon presiden yang lain. Ini terjadi setelah pengumuman tiga tokoh oleh NasDem," kata Deni.

Pada bulan Mei 2021, dukungan dari pemilih Anies terhadap NasDem sebesar 3,8 persen, sedangkan pada bulan Agustus 2022 meningkat menjadi 8,1 persen.

Pada periode yang sama, kata Deni, dukungan kepada NasDem dari pemilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mengalami banyak perubahan, yakni dari 2,7 persen pada bulan Mei 2021 menjadi 3,7 persen pada bulan Agustus 2022.

BACA JUGA:Hasil Survei, Ada Risiko Partai Nasdem Menunjuk Anies sebagai Calon Presiden

BACA JUGA:Niluh Djelantik Keluar dari Nasdem: Jutaan Rakyat Bali Tak Akan Membiarkanku Berjalan Sendirian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: