PSSI Bantah 'Kondisikan' Shin Tae-yong Untuk Bela Iwan Bule

PSSI Bantah 'Kondisikan' Shin Tae-yong Untuk Bela Iwan Bule

Sekjen PSSI Yunus Nusi. (dok PSSI)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- PSSI membantah tudingan bahwa Kepala Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong "dikondisikan" untuk membela ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, atas desakan mundur sejumlah pihak sebagai buntut dari Tragedi Kanjuruhan. 

PSSI juga memastikan tidak ada instruksi apapun dari federasi ke STY, terkait postingannya di sosial media tersebut. 

BACA JUGA:Tokoh PBNU Tanggapi Tuntutan Mundur Ketum PSSI: Mendingan Kita Perbaiki, Jangan Cuma Salah-salahan!

BACA JUGA:Tagar #STYSTAY Trending di Twitter Setelah Sebelumnya #STYOut, Imbas Dukungan STY ke Iwan Bule?

Desakan agar Iwan Bule mundur dari jabatan ketua umum PSSI ditanggapi Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu mengancam untuk mundur dari jabatannya apabila Iwan Bule mengundurkan diri.

"Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepakbola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI. Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri. Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama," tulis Shin Tae-yong dalam unggahan di Instagram.

Komentar Shin Tae-yong menimbulkan kehebohan para penggemar Timnas Indonesia. Banyak fans yang marah dan meminta eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mundur lewat tagar #STYOut.

Di sisi lain, banyak yang menduga Shin Tae-yong mengunggah postingan itu atas desakan PSSI. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, membantah hal tersebut dan menyebut komentar tersebut adalah inisiatif pribadi dari STY.

BACA JUGA:Jika Ketum PSSI Mundur Shin Tae-yong Akan Hengkang, Asnawi 'Pasang Badan':Pak Iwan Bule Masih Terbaik

BACA JUGA:Jika Ketum PSSI Mundur Pelatih Timnas juga Mundur, Netizen Minta STY Fokus Aja Bekerja

"Enggak lah, wong dia sendiri," kata Yunus Nusi saat memenuhi panggilan Komnas HAM, Kamis 13 Oktober 2022. 

Yunus Nusi juga berbicara soal dukungan beberapa pemain Timnas Indonesia kepada Mochamad Iriawan. PSSI disebutnya tidak memberi perintah kepada Asnawi Mangkualam cs melakukan itu.

"Tidak ada. Kalau anak-anak dengan ketum itu sudah menganggap seperti orang tua mereka karena ketum saya lihat memperhatikan anak-anak timnas seperti anaknya sendiri," Yunus menuturkan.

"Mereka lihat sendiri bagaimana kepemimpinan ketum kepada timnas, bagaimana ketum itu, jangankan hotelnya, kaus kakinya saja diperhatikan ketum. Saat mereka di rumah, ditelpon ketum. Saat mereka di Jepang, di Malaysia, di Inggris, ketum perhatikan. Makanya wajar anak-anak juga begitu dengan ketum," Yunus Nusi menuturkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: