Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan atau Modal Minim

Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan atau Modal Minim

Membangun rumah dengan anggaran Rp100 juta ternyata memungkinkan karena rerata harga dalam pembangunan rumah berada pada kisaran Rp3 juta/m2, ungkap Interior Expert Pinhome, Shania Tahir.--

Dia mengatakan, rumah kontainer bisa dilengkapi dengan plafon, diisi furnitur, dan bagian lantai dapat dilapisi oleh lantai kayu ataupun vinyl.

"Dari sisi kenyamanannya kita bisa buat senyaman mungkin dengan dilengkapi plafon, furnitur, dan lantainya bisa diganti juga pakai lantai kayu, vinyl, bahkan keramik. Asalkan nggak terlalu berat kaya marmer,” kata dia.

Ketiga yaitu rumah kontemporer. Shania menuturkan rumah jenis ini dapat menjadi pilihan sebagai desain rumah dengan budget minim. Rumah ini memiliki bentuk yang sederhana dengan garis-garis yang geometris.

BACA JUGA:DPR Aceh Usulkan Ganja untuk Medis di 2023

Rumah kontemporer umumnya dirancang menggunakan gaya modern dengan detail yang inovatif. Desain rumah ini juga bisa diaplikasikan pada lahan yang tidak terlalu luas karena tidak banyak membuang lahan yang ada.

Selanjutnya, rumah minimalis ala Jepang. Pemilik rumah bisa membangun rumah menggunakan unsur kayu pada dinding dan lantai. Pilihan kayunya pun dapat disesuaikan dengan budget yang ada.

Kemudian pada bagian dalam rumah, pemilik bisa menggunakan pintu yang terbuat dari panel atau papan kayu yang senada dengan kayu lain yang digunakan pada rumah.

Penambahan batu-batu kerikil pada akses jalan pagar utama menuju pintu rumah akan menambahkan kesan rumah-rumah tradisional Jepang.

BACA JUGA:Demi Menjaga Kualitas Hidup di Usia Senja, Berikut Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Terakhir, jenis rumah A-Frame House yakni dengan desain rangka menyerupai huruf A dan menampilkan sisi miring roofline hingga menyentuh garis pondasi.

 Rumah ini mirip seperti tempat kemah untuk anak-anak, hanya saja bentuknya lebih besar dan disertai dengan konstruksi bangunan yang kuat.

Material yang digunakan pada rumah yang satu ini pun sangat beragam, mulai dari menggunakan bahan kayu, logam, hingga menggunakan dinding kaca yang tentunya akan membuat pencahayaan alami lebih mudah masuk ke dalam rumah.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: