Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan atau Modal Minim

Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan atau Modal Minim

Membangun rumah dengan anggaran Rp100 juta ternyata memungkinkan karena rerata harga dalam pembangunan rumah berada pada kisaran Rp3 juta/m2, ungkap Interior Expert Pinhome, Shania Tahir.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Membangun rumah dengan anggaran Rp100 juta ternyata memungkinkan karena rerata harga dalam pembangunan rumah berada pada kisaran Rp3 juta/m2, ungkap Interior Expert Pinhome, Shania Tahir.

Shania menuturkan, jumlah tersebut sudah termasuk ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Di Mana Sebaiknya Semprotkan Parfum? Kulit ataiu Pakaian? Ini Penjelasannya

“Biasanya, bangunan Rp3 juta/m2 memiliki spesifikasi fondasi pasangan batu kali, dinding tembok batu bata plester aci finish cat, plafon gypsum rangka kayu atau hollow, lantai keramik, dan atap genteng rangka baja ringan, juga sudah termasuk ongkos tenaga kerjanya,” kata dia.

Lebih lanjut, Shania menuturkan ukuran rumah yang bisa dibangun untuk anggaran Rp100 juta dengan harga rata-rata Rp3 juta/m2 yakni luas bangunan yang bisa dibangun sekitar 34 m2 dengan variasi ukuran bangunan mencakup 4m x 8m = 32 m2, 5m x 7m = 35 m2, 6m x 6m = 36 m2, dan 7m x 5m = 35 m2.

Selain itu, Shania juga membeberkan sepuluh desain rumah yang dapat dibangun dengan bermodalkan Rp100 juta, salah satunya rumah kubus minimalis.

Rumah kubus minimalis memiliki ciri khas modern. Kelebihan lainnya yakni karena kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar, apabila lahan yang dimiliki ukurannya tidak terlalu luas, maka pemilik hunian bisa mengaplikasikan model rumah murah jenis ini.

BACA JUGA:5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding, Nomor 4 Penting Untuk Pekerja Keras

Kedua yaitu rumah kontainer minimalis. Rumah jenis ini banyak digunakan terutama di luar negeri karena harganya lebih murah dibandingkan membangun rumah menggunakan dinding.

Meskipun menggunakan kontainer sebagai rumah, pemilik rumah tetap bisa mendesainnya sebagus mungkin agar memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Pemilik rumah bisa menambahkan jendela dan pintu dari kaca yang akan menambah kesan minimalis pada rumah. 

Tidak hanya itu, penggunaan kaca pada pintu juga memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sehingga rumah mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

BACA JUGA:Begini Dampak Kesehatan Bagi Tubuh Jika Terlambat Makan

Menurut Shania, rumah kontainer ini memiliki sejumlah keunggulan seperti praktis dan anggaran minim. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: