Miliki Daya Tarik Investasi Besar, Pengamat Dukung Jokowi Pimpin Jajak Pasar IKN

Miliki Daya Tarik Investasi Besar, Pengamat Dukung Jokowi Pimpin Jajak Pasar IKN

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara (dok. Birkompu)--

JAKARTAFIN.CO.ID- Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana akan memimpin langsung jajak pasar atau market sounding kepada para calon investor agar tertarik berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pertengahan Oktober 2022 mendatang.

Direktur riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mendukung langkah Presiden Jokowi pimpin langsung jajak pasar IKN.

Menurutnya, tujuan market sounding yang dilakukan pemerintah utamanya lebih menjaga komunikasi terkait perkembangan IKN. Dalam artian bukan untuk mencari atau meningkatkan minat investor. Pasalnya daya tari investasi di IKN itu sendiri sudah besar.

"Saya mendukung pembangunan IKN. Saya meyakini pembangunan IKN akan bisa menjadi terobosan dalam upaya kita menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa. Saya juga meyakini IKN memiliki daya tarik yang besar terhadap investasi," kata Piter, Senin 10 Oktober 2022.

BACA JUGA:Harap Tenang, Investor Pembangunan IKN Nusantara Dapat Jaminan Pengembalian Investasi Dari Pemerintah

BACA JUGA:Catat! IKN Nusantara Bukan Sekadar Wacana, Tapi Sebuah Kepastian, Ini Buktinya

Menurut Piter, dengan daya tarik yang besar, pemerintah tidak perlu memberikan janji yang berlebihan kepada investor cukup menjabarkan langkah-langkah apa yang akan dipersiapkan pemerintah saat awal pembangunan infrastruktur.

“Investor tidak perlu diyakinkan dengan janji-janji, investor bisa mengkalkulasikan sendiri peluang risiko dan keuntungan mereka apabila IKN benar-benar berdiri,” bebernya.

Lanjut Piter, yang harus dilakukan pemerintah hanyalah memberikan keyakinan kepada investor bahwa IKN akan berlanjut apa pun yang terjadi meskipun terjadi pergantian pada pucuk kepemimpinan setelah adannya pemilu.

“Pemerintah yang akan datang akan komit melanjutkan IKN. Pemerintah saat ini segera mewujudkan semua infrastruktur dasar yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan IKN,” ungkapnya

“Jalan-jalan dan gedung-gedung pemerintah segera di bangun yang memang direncanakan untuk dibiayai oleh pemerintah. Cukup dengan itu investor akan yakin dan datang sendiri pada waktunya,” imbuh Piter.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Bakal Bangun Jalan Tol di IKN, Dari Bandara ke Ibu Kota Cuma 30 Menit

BACA JUGA:Kemendikbudristek Tegaskan RUU Sisdiknas Jadikan Guru Sejahtera

Lebih lanjut kata Piter investor tidak perlu dibujuk rayu dengan semua fasilitas yang justru akan menurunkan citra pemerintah.

Sumber: