Warga Tangerang Usulkan Kawasan Puspemkab Jadi Lokasi Car Free Day Tiap Minggu

Warga Tangerang Usulkan Kawasan Puspemkab Jadi Lokasi Car Free Day Tiap Minggu

Warga tengah berolah raga di kawasan Puspemkab Tangerang-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Kawasan pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat umum khususnya setiap akhir pekan. 

 

Sebelumnya, aktifitas di kawasan ini sempat dibatasi oleh pemda setempat karena dampak pandemi Covid-19.

 

Bahkan, alun-alun Tigaraksa dan sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun oleh pemkab di kawasan ini sempat ditutup lebih dari dua tahun. 

(BACA JUGA:Pria Asal Kabupaten Tangerang Bakal Mainkan Tiga Alat Musik Tradisional di Puncak Everest)

 

Pemda Tigaraksa, warga biasa menyebut, pun kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat umum. Seperti halnya pada Minggu pagi, 18 September 2022. 

 

Ratusan bahkan bisa mencapai seribuan orang datang ke kawasan Pemda Tigaraksa pada Minggu pagi. Mereka datang untuk berolahraga, berdagang, atau pun sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati wisata kuliner. 

 

Meski begitu, ramainya kawasan puspemkab Tangerang setiap weekend dibarengi dengan banyaknya kendaraan yang berlalu-lalang terutama kendaraan roda dua. 

(BACA JUGA:Senin BSU Tahap Dua Cair, Bagi 2,4 Juta Buruh Jangan Lupa Cek Rekening di Sini )

 

Hal ini pun ditenggarai dapat memicu kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, kawasan ini menjadi tempat favorit masyarakat untuk berolahraga seperti joging, bersepeda, maupun jalan santai terutama setiap Minggu pagi. 

 

Bahkan, tak sedikit anak-anak yang berolahraga dengan bersepeda, atau bersepatu roda mengitari ruas jalan mulai dari depan gedung Bupati, menuju kawasan hutan kota, dan melewati Gedung DPRD Kabupaten Tangerang. 


(BACA JUGA: Breaking News! Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Azyumardi Azra Meninggal Dunia)

 

Para warga pun mengusulkan agar kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang bisa dijadikan tempat car free day di setiap hari Minggu. 

 

"Kawasan ini sangat cocok sebagai tempat olahraga maupun wisata kuliner. Tapi sayangnya banyak lalu lalang kendaraan, jadi agak berbahaya apalagi banyak anak kecil. Usul aja sih kalau bisa ada car free day setiap hari Minggu biar aman," kata Aina Lulu Arafati (22) salah seorang warga kepada FIN. 

(BACA JUGA:Daftar Pembalap MotoGP 2023, Pol Espargaro Hengkang ke GASGAS dan Marquez Punya Tandem Baru)

 

Senada, Irfan Nulhakim (34) warga lainnya mengungkapkan bahwa saat ini kawasan Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah sangat tertata dengan rapih.

 

Terlebih, di kawasan ini sudah banyak dibangun taman atau ruang terbuka hijau yang cocok sebagai tempat berolahraga karena udaranya yang cukup segar. 

 

Namun, tempat itu menjadi kurang respresentatif karena banyaknya kendaraan yang lalu lalang. 

(BACA JUGA:Jokowi Bisa Jadi Cawapres 2024, PKS: Menjerumuskan Jokowi Seolah-olah Tamak dan Rakus Kekuasaan)

 

"Ya kalau bisa sih itu ada car free day minimal sebulan sekali setiap hari Minggu," ujarnya.

 

"Masyarakat yang datang kesini bisa parkir kendaraan di luar kawasan pemda, karena banyak lahan luas juga kan untuk lokasi parkir, tinggal dikelola aja oleh karang taruna atau warga setempat," sambungnya.

 

Menurutnya, jogging merupakan olahraga yang banyak diminati masyarakat terutama di hari Minggu. 

(BACA JUGA:Dua Hal Ini Disebut Bikin Marc Marquez Sulit Naik Podium di GP Aragon)

 

Selain murah, olahraga ini bisa dilakukan oleh semua kalangan. Dia memandang kawasan Pemda Tigaraksa merupakan salah satu tempat paling strategis untuk olahraga jogging. 

 

"Kurangnya itu aja di hari Minggu yang banyak masyarakat datang kesini untuk olahraga atau jalan santai bersama keluarga terganggu dengan lalu lalang kendaraan. Usulannya sih itu adakan car free day," tandasnya. Rikhi Ferdian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: