Wagub DKI Harap Semua Pihak Prasangka Baik Terhadap Anies dan Formula E

Wagub DKI Harap Semua Pihak Prasangka Baik Terhadap Anies dan Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di gedung KPK -Aprilio Akbar-Antara

Pernyataan Ketua KPK: 

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri buka suara terkait pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Formula E. 

Firli mengatakan, Anies dipanggil untuk dimintai keterangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Menurut Firli, KPK memanggil siapapun dalam rangka membuat terang satu peristiwa.

"Saya ingin beritahu dulu bahwa terima kasih kepada setiap orang yang datang dipanggil dan dimintai keterangan oleh KPK sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan bahwa keterangan seseorang itu didasarkan atas pengetahuannya baik itu yang diketahui, didengar, dilihat ataupun dialami. Maka kepentingannya adalah dalam rangka membuat terangnya suatu peristiwa," kata Firli, kepada wartawan, Rabu 7 September 2022.

Firli mengatakan, pemeriksaan Anies Baswedan sama dengan pemeriksaan lainnya. Tidak ada yang berbeda dalam perlakuan.

Pemeriksaan seseorang itu sama dengan pemeriksaan saksi yang lain. Untuk diketahui saja tahun 2022 mulai Januari kemarin KPK telah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang jadi sama statusnya. Nggak ada yang beda nggak ada yang luar biasa," ujarnya.

Firli bilang, peanggilan Anies untuk membuat terang Formula E. Sebab Anies mempunyai pengetahuan terhadap ajang balap Internasional yang telah digelar di Ancol itu.

"Bukan, kita kan ingin membuat terang suatu peristiwa, apakah persitiwa itu pidana atau bukan itulah dibutuhkan keterangan seseorang karena pengalamannya karena pengetahuannya karena yg dilihatnya atau yang dialami oleh dia," kata Firli.

Firli katakan bahwa, jika ada sosok lain yang pantas untuk dipanggil memintai keterangan soal Formula E, maka KPK akan memanggilnya juga. 

"Tentu saya balik bertanya, apakah ada orang lain? Atau ada sosok lain yang rekan-rekan anggap yang pantas dipanggil siapa lagi? Ada nggak kira kira? Kalau ada biar kita minta keterangan juga gitu," ujar Firli.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: