News

Djarot Beberkan Arti Api Perjuangan pada Rakernas PDIP ke-5

fin.co.id - 17/05/2024, 09:23 WIB

Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat

FIN.CO.ID - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat membeberkan makna obor yang diberi nama api perjuangan pada Rakernas PDI Perjuangan ke-5. Dia menjelaskan, Api Perjuangan yang biasa dipakai dalam tradisi Pekan Olah Raga Nasional (PON) itu merupakan simbol semangat juang dari para kader partai berlambang kepala banteng dan moncong putih itu.

Dengan menyalakan api perjuangan tersebut, kata dia, PDI Perjuangan mengajak seluruh partai politik, penyelenggara pemilu dan pemerintah negara RI untuk belajar dari dunia olahraga. Dia menjelaskan, sudah seharusnya partai politik bisa menerapkan sistem yang ada pada dunia olahraga. 

BACA JUGA:

"Dalam olahraga, ketaatan terhadap aturan main melalui wasit yang independen dan netral bersifat wajib. Olahraga mengajarkan budaya prestasi, bukan jalan pintas," kata Djarot di Jakarta, Kamis 16 Mei 2024.

Hal itu dikarenakan dunia olahraga penuh dengan sportivitas, kejujuran, dan persaingan sehat. Maka dari itu, kecurangan sangatlah dilarang. "Penggunaan dopping dan berbagai bentuk kecurangan merupakan pelanggaran etika dan hukum yang berat," sambungnya.

Lebih lanjut, dia berharap, dengan adanya api perjuangan, bisa menjadi simbol bagi demokrasi di Indonesia yang saat ini dianggap gelap keadilan. Dia juga mengajak, seluruh elemen masyarakat memiliki jiwa kenegarawanan.

"Semoga kegelapan demokrasi yang saat ini melanda Indonesia bisa diatasi dengan api perjuangan dari seluruh komponen bangsa, khususnya para pemuda dan mahasiswa, kelompok civil society, pers, seniman dan budayawan, para guru besar, para politisi berjiwa kenegarawanan," ucap Djarot.

"Persatuan seluruh kelompok pro demokrasi tersebut akan menjadi fajar demokrasi guna melawan berbagai bentuk nepotisme, kolusi, dan korupsi serta penggunaan alat-alat negara dan sumber daya negara bagi kepentingan politik kekuasaan yang cenderung anti demokrasi," tandasnya.

Diketahui, PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 di Ancol, Jakarta Utara, pada 24-26 Mei 2024. Rakernas yang mengusung tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang, dan Sub Tema: Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya itu akan dimulai dengan kirab obor yang disebut dengan Api Perjuangan.

BACA JUGA:

(Fajar Ilman)

Mihardi
Penulis
-->