Bangun 38 Bendungan, Pengamat Puji Langkah Jokowi Antisipasi Krisis Pangan Jangka Panjang

Bangun 38 Bendungan, Pengamat Puji Langkah Jokowi Antisipasi Krisis Pangan Jangka Panjang

Bendungan Keureuto (dok Abipraya) --

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Presiden Joko Widodo atau Jokowi terhitung telah membangun sebanyak 29 bendungan sejak tahun 2015.

Di tahun 2023 ini, ada sebanyak 9 bendungan yang akan rampung. Berarti total bendungan yang dibangun oleh Presiden Jokowi selama kepemimpinannya hingga tahun 2022 ini berjumlah 38 bendungan

Presiden Jokowi mengatakan bahwa infrastruktur pertanian merupakan salah satu fokus kerja pemerintahannya.  Hal itu dikatakan Jokowi saat berpidato dalam kegiatan Musyawarah Rakyat (Musra) I Jawa Barat di Bandung, Ahad 28 Agustus 2022 kemarin. 

Menanggapi itu, pengamat Pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Khudori memuji langkah Presiden Jokowi dalam membangun infrastruktur pertanian yang diakui sangat tepat. 

(BACA JUGA:Soal Jokowi Bolehkan Wacana Presiden 3 Periode, Mardani Ali Sera: Jangan Tergoda)

(BACA JUGA:Jokowi Tak Akan Maju 3 Periode, Rizal Ramli: Kalau Diperpanjang Namanya Kudeta Konstitusi)

Sebab, hasil dari pembangunan itu sudah dinikmati oleh masyarakat Indonesia, yakni Indonesia telah swasembada beras selama tiga tahun berturut-turut, yakni dari 2019 hingga 2022, serta Indonesia terhindar dari ancaman krisis pangan dunia.

“Surplus itu pasti karena andil banyak faktor, salah satunya pembangunan infrastruktur irigasi, bendungan, embung, dan sejenisnya. Langkah-langkah itu untuk memastikan usaha tani mendapatkan kecukupan air,” kata Khudori saat dihubungi, Senin 29 Agustus 2022.

Menurut Khudori, Presiden Jokowi menyadari betul jika ketersediaan air menjadi hal utama bagi para petani, khususnya petani padi hingga dia (Jokowi) memulai pembangunan infrastruktur pertanian sejak 2015 dan kini dinikmati oleh para usaha tani di seluruh Indonesia. 

“Di tengah anomali iklim, ketersediaan air menjadi krusial bagi usaha tani. Pembangunan infrastruktur irigasi, bendungan, dan embung dimulai sejak era pertama Presiden Jokowi,” ujarnya.

(BACA JUGA:Bendungan Bulango Ulu Bakal Pengendali Banjir, Brantas Abipraya Kebut Pembangunannya)

(BACA JUGA:Progres 97 Persen, Brantas Abipraya Target Bendungan Semantok Rampung Desember 2022)

Buat Khudori, langkah presiden membangun puluhan bendungan, ribuan embung dan jutaan irigasi ini untuk masa depan petani Indonesia, dan hal ini buat Khudori adalah investasi jangka panjang Jokowi buat bangsa Indonesia.

“Ini investasi jangka panjang. Hasilnya antara lain bisa dinikmati sekarang. Pembangunan 38 bendungan itu, kalau tidak salah, adalah rencana hingga 2024,” ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: