Nasional

Jokowi Ngobrol Bareng Farel Prayoga, Ini yang Disampaikan Presiden

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen kebersamaan dirinya dengan penyanyi cilik Farel Prayoga.

Sebelum Upacara HUT RI ke-77, Ternyata Jokowi menyaksikan gladir bersih (GR) pada selasa, 16 Agustus 2022.

Selain itu Jokowi melihat persiapan si penyanyi cilik Farel Prayoga yang sedang latihan untuk acara Upacara HUT RI ke-77.

Jokowi pun meminta kepada Farel untuk menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke". Lantas penyanyi cilik tersebut bernyanyi dihadapan presiden.

(BACA JUGA:Viral Farel Prayoga Bawakan Lagu )

Setelah itu, Jokowi menyempakan diri untuk mengobrol bareng bersana Farel dan 

Dilansir Fin dari video di Instagram resmi yang bernama @jokowi. Jokowi lakukan sesi tanya jawab dengan Farel.

"Rel, kamu kelas berapa? tanya Jokowi

"Kelas enam," jawab Farel Prayoga

"Kelas enam? tanya Jokowi

"Inggih (iya)," balas Farel.

(BACA JUGA:Farel Prayoga Nyanyikan Lagu )

Jokowi pun langsung memberikan pesan penting untuk si penyanyi cilik.

“Anu lho ya… nyanyi boleh, tapi jangan lupa belajar, ya!” pesan Jokowi.

“Nggih, siap,” jawab Farel Prayoga yang terlihat malu-malu

“Jangan lupa juga sekolah terus, sampai setinggi-tingginya. Ya?” kata Jokowi.

“Nggih, siap,” kata Farel Prayoga lagi.

“Udah. Pesan Pak Jokowi itu aja,” tutur Jokowi.

“Oke, siap, siap,” ujar Farel Prayoga.

(BACA JUGA:Teruskan Tradisi, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Ini di Upacara Bendera 17 Agustus 2022)

Salah satu tim sekretariat Presiden yang sedang mereka pun melontarkan pertanyaan kepada Farel.

“Kalau sudah besar mau jadi apa kamu, Farel? Punya cita-cita apa?” tanya tim Sekretariat Presiden.

“Penyanyi sukses,” jawab Farel Prayoga.

“Hmm?” respons Jokowi.

“Penyanyi sukses, Pak, cita-citanya (Farel),” jawab tim Sekretariat Presiden.

(BACA JUGA:Jokowi Targetkan Ekspor Besi Baja Tahun 2022 Tembus Rp440 Triliun)

Tim sekretariat Presiden mengingatkan Farel Prayoga untuk ingat pesan dari Jokowi agar tetap semangat belajar.

“Ingat pesan-pesan Pak Presiden. Jangan sampai lepas sekolah,” kata tim Sekretariat Presiden.

“Oke siap… nggih,” jawab tim Farel Prayoga.

Saat tampil, Aksi Farel Prayoga di Istana negara, tampak membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi turut berdiri dan berjoget.

Farel tampil di depan ribuan undangan saat acara penutupan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022.

Berdasarkan siaran langsung yang disaksikan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo kembali ke tempat mimbar dan menikmati lagu Ojo Dibandingke yang dibawakan Farel.

Kepala Negara tampak terkekeh saat Farel mengganti lirik lagu dengan menyelipkan nama "Pak Jokowi" di bait pertama lagu tersebut.

(BACA JUGA:Begini Makna HUT Ke-77 RI bagi Kasad TNI Jenderal Dudung Abdurachman)

Setelah lagu memasuki reff, Presiden Jokowi tampak ikut berdiri, sementara Ibu Iriana berjoget, begitu juga dengan para undangan yang hadir.

Bahkan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Tenaga Kerja Kerja Ida Fauziyah, Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida, Aktor Reza Rahadian turun ke lapangan dan ikut berjoget bersama Farel yang sedang bernyanyi.

Sementara itu, menteri-menteri dan pejabat negara lainnya, seperti Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abudrrachman berjoget di bangku masing-masing.

Usai lagu selesai, para undangan pun meneriakkan "lagi...lagi" agar Farel kembali menyanyikan lagu ciptaan Abah Lala tersebut.

(BACA JUGA:Pidato Puan Maharani Tentang 'Dua Sayap Burung' Dinilai sebagai Sinyal Maju Pilpres 2024)

Farel menjadi salah satu penampil dalam rangkaian Upacara di Istana Merdeka, setelah dirinya viral di media sosial karena berhasil meng-cover lagu tersebut.

Awalnya, lagu tersebut dinyanyikan oleh Denny Caknan bersama Abah Lala. Kemudian Farel menyanyikan kembali lagu tersebut sehingga membuat banyak warga net (netizen) menggunakan lagu itu sebagai latar musik di media sosial.

Farel yang kini genap berusia 12 tahun itu sebelumnya seorang pengamen jalanan, namun bakatnya di dunia tarik suara mengantarkan-nya menjadi penyanyi profesional dengan bergabung bersama salah satu manajemen.

Bio Farel Prayoga

Lahir: Farel Prayoga lahir 8 Agustus 2010 (umur 12 tahun) kota Banyuwagi, Jawa Timur, Indonesia.

Nama Lain: Farel

Pekerjaan: Penyanyi

Genre: Dangdut pop

Instrumen: Vokal

Tahun aktif: 2022-sekarang

Label: Aneka Safari Record

(BACA JUGA:Sebanyak 1.472 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Terima Remisi HUT Ke-77 RI, 25 di Antaranya Bebas Hari Ini)

Dalam upacara bendera HUT RI, Rabu 17 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Administrasi, Setpres, Sony Kartiko usai melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi.

Serah terima yang dilakukan oleh Sony Kartiko berlangsung di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Selasa, 16 Agustus 2022.

(BACA JUGA:Klub-klub Besar Liga Inggris Ucapkan Selamat HUT Ke-77 RI, Begini Keunikannya)

Ini adalah tahun ketiga Setpres (Sekretariat Presiden) bekerja sama dengan ANRI dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022,” ujar Sony.

Sony menjelaskan bahwa tim dari ANRI telah melakukan penilaian terhadap kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai dari suhu ruangan hingga tingkat kelembapan.

Hal itu penting dilakukan mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang memiliki nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi tersebut,” ucap Sony.

(BACA JUGA:Pasien ODGJ Jamrud Biru yang Ikut Upacara HUT Ke-77 RI Ternyata Dibekali Pelatihan Nasionalisme)

Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan oleh ANRI secara berkala setiap tahunnya sebagai upaya dari ANRI untuk menjaga memori kolektif bangsa.

Sony pun yakin dokumen negara berupa naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang diserahterimakan pada hari ini dalam kondisi terawat dengan baik.

Untuk itu, Sony menyampaikan apresiasi kepada ANRI yang telah bekerja sama dan memberikan dukungan sehingga acara serah terima naskah asli teks proklamasi dapat berjalan dengan baik.

Sony mengatakan bahwa Setpres akan segera mengembalikan naskah asli teks proklamasi kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2022 mendatang.

Admin
Penulis