Pidato Puan Maharani Tentang 'Dua Sayap Burung' Dinilai sebagai Sinyal Maju Pilpres 2024

Pidato Puan Maharani Tentang 'Dua Sayap Burung' Dinilai sebagai Sinyal Maju Pilpres 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani --Twitter/ @puanmaharani_ri

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pengamat politik A Khairul Umam mengomentari pidato politik Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sidang Tahunan MPR RI di Senayan Jakarta pada Selasa 16 Agustus 2022. 

Dalam poidatonya, Puan Maharani menyinggung kesetaraan perempuan dan laki-laki. Puan menganalogikannya seperti sepasang sayap burung yang saling mendukung.

Khairul Umam menilai, pidato itu mengindikdasikan bahwa Puan Maharani akan maju dalam Pemilihan Preside pada 2024 mendatang.

Umam mengatakan, pidato itu bisa dipahami sebagai wujud ekspresi keterpanggilan Puan Maharani untuk berani tampil di pentas gelanggang politik yang didominasi oleh tradisi patriarkal.

(BACA JUGA:Begini Makna HUT Ke-77 RI bagi Kasad TNI Jenderal Dudung Abdurachman)

(BACA JUGA:Puan Maharani Wanti-wanti Kasus Pembunuhan Brigadir J Harus Diusut Tuntas: Ini Menyangkut Nyawa!)

"Praktis, jika dipetakan basis kekuatan politik perempuan saat ini, hanya Puan Maharani yang memiliki kapasitas itu. Puan memegang kendali penuh atas roda mesin politik yang mengantongi bekal 20 persen presidential threshold," kata Umam lewat keterangan tertulisanya, Rabu 17 Agustus 2022.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) ini mengatakan, Oleh karena itu, sebagai wujud keterpanggilan atas nilai-nilai dasar kesetaraan laki-laki dan perempuan, maka PDIP sebaiknya tidak ragu untuk maju mengusung Puan di 2024 nanti.

"Hingga kini tidak ada elektabilitas yang dominan. Elektabilitas bisa dibentuk oleh jaringan dan mesin politik yang disiplin dan solid," tuturnya.

Dia menambahkan majunya Puan di Pilpres 2024 bukan hanya sebatas upaya untuk memenuhi kewajiban hadirnya perwakilan pemimpin perempuan.

"Tetapi juga keharusan yang layak diperjuangkan berdasar kalkulasi politik yang rasional," ucap Umam.

Puan menyinggung peran perempuan saat berpidato di Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

(BACA JUGA:Kasus Pencabulan di Ponpes Shiddiqiyyah Ploso, Puan Maharani: DPR Mengecam)

(BACA JUGA:Detik-detik Wakil Ketua Banggar DPR Tumbang Saat Temui Puan Maharani, Akui Belum..)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: