Korem Tegaskan Tidak Ada Anggota TNI Terlibat Bantu Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini

Korem Tegaskan Tidak Ada Anggota TNI Terlibat Bantu Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke Papua Nugini

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.--Radar Tegal

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) membantah keterlibatan anggota TNI yang membantu Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak kabur ke Papua Nugini.

Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, yang tengah disidik oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK).

(BACA JUGA:Diperiksa KPK, Brigita Manohara Ungkap 4 Tersangka Kasus Korupsi Mamberamo Tengah)

Kepala Penerangan Komando Resor Militer (Korem) 172/PWY Mayor Inf Dewa Made DJ menyampaikan, hingga saat ini belum ditemukan keterlibatan anggota TNI dalam peristiwa tersebut.

“Isu yang berkembang saat ini yang menyatakan salah satu anggota TNI yang bernama Kopral Satu Tetek ikut terlibat dalam kasus kaburnya Bupati Mamberamo Tengah RHP (Ricky Ham Pagawak). Tudingan belum terbukti,” kata Mayor Inf Dewa Made dalam pernyataannya, dikutip Selasa, 26 Juli 2022.

Ia mengatakan, Kopral Satu Tetek bertugas di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, sebagai Protokol Bandara Yonif 756/Wimane Sili. Made membantah Kopral Setu Tetek merupakan ajudan Ricky Ham Pagawak.

(BACA JUGA:Presenter TV Brigita Manohara Diperiksa KPK Hari Ini, Jadi Saksi Kasus Suap Bupati Mamberamo Tengah)

Kendati demikian, Made memastikan pihaknya bakal memproses hukum apabila terdapat oknum TNI yang terlibat membantu Bupati Mamberamo Tengah kabur ke Papua Nugini.

Sebelumnya, KPK menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Ricky Ham merupakan tersangka dugaan suap dan gratifikasi proyek di Kabupaten Mamberamo Tengah yang tengah disidik oleh KPK. 

(BACA JUGA:Bupati Mamberamo Tengah Diduga Kabur ke Papua Nugini Saat Hendak Dijemput Paksa, KPK Kasih Ultimatum)

Ia kabur ke Papua Nugini kala hendak dijemput paksa oleh KPK.

Guna menelusuri keberadaan Ricky Ham, KPK telah memeriksa orang-orang terdekat buronan itu yang diduga membantu pelarian sang bupati ke luar negeri.

(BACA JUGA:Geledah 3 Lokasi, KPK Amankan Dokumen Transaksi Suap Proyek Mamberamo Tengah)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: