Ini Alasan Kepsek MAN 1 Tangerang Tak Menerima Anak Yatim Piatu saat PPDB

Ini Alasan Kepsek MAN 1 Tangerang Tak Menerima Anak Yatim Piatu saat PPDB

Panitia PPDB MAN 1 Tangerang Saat Melakukan Psikotes Ke Jurusan Tahun 2022 -Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tangerang Eswa Tresnawati memberikan tanggapannya soal pemberitaan penolakan anak yatim piatu (MD) saat mendaftar sekolah di MAN 1 Tangerang.

Dalam keterangan resmi yang diterima wartawan FIN.CO.ID, pada Senin malam, 11 Juli 2022, Eswa mengklarifikasi bahwa PPDB MAN 1 Tangerang dibuka melalui dua jalur.

(BACA JUGA:Calon Siswa di Bekasi yang Masuk Sekolah Swasta Bakal Diberikan Subsidi, Segini Besarannya)

Pertama, jalur reguler yaitu menggunakan test (tidak berdasarkan zonasi). Kedua, jalur prestasi yaitu melalui seleksi nilai hasil rapot SMP/ MTS-nya.

"Bahwa benar calon siswa (MD) ini mendaftar di MAN 1 secara online pada tanggal 4 April sampai dengan 20 Mei 2022. Namun pada proses pendaftaran, panitia belum mendapatkan informasi mengenai kondisi ananda MD yang seorang anak yatim piatu. Ananda MD juga belum memberitahukan kondisi keluarganya," tuturnya

Dia menjelaskan, surat yatim dan keterangan tidak mampu baru diserahkan pada 8 Juli 2022.

Sedangkan MD mengikuti test PPDB secara tertulis di MAN 1 Tangerang pada tanggal 21 Mei 2022.

(BACA JUGA:Kemenag Ungkap Alasan Anak Yatim Piatu yang Tak Bisa Masuk MAN 1 Tangerang)

"Ananda MD dinyatakan tidak lulus berdasarkan nilai test, karena nilai seleksinya di bawah standar rangking yang telah ditetapkan oleh PPDB pada tanggal 24 Mei 2022," jelasnya.

"Ananda menempati rangking 199 dari 228 siswi peserta test masuk. Siswa yang dinyatakan lulus sampai rangking 157 siswi," lanjutnya.

Selama masa Daftar Ulang Calon siswa yaitu dari tanggal 27 Mei 2022 sampai 3 Juni 2022, MD tidak pernah menghubungi atau memberikan keterangan apapun kepada pihak sekolah atau panitia PPDB. 

Termasuk informasi kondisinya yang seorang yatim piatu.

(BACA JUGA:Ditolak Masuk MAN 1 Tangerang, Siswa Yatim Piatu Ini Terancam Putus Sekolah, Panitia: Bukan Ditolak, Tapi )

Setelah waktu PPDB MAN 1 Tangerang ditutup, satu bulan kemudian atau tepatnya pada tanggal 7 Juli 2022, Ananda MD yang diwakili oleh tetangga datang untuk menanyakan alasan tidak diterimanya MD.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: