Disuntik Modal LPDB-KUMKM, KSPPS Al Huda Wonosobo Catatkan Total Asset Rp151 Miliar

Selasa 14-03-2023,19:42 WIB
Reporter : Sahroni
Editor : Sahroni

WONOSOBO, FIN.CO.ID - Kemajuan dan perubahan zaman di era Revolusi Industri 4.0, membawa masyarakat ke babak baru yaitu Society 5.0. Di era ini, ruang maya dan ruang fisik terintegrasi sehingga mempermudah dan mempercepat segala hal.

Fakta bahwa kedua era tersebut fokus pada pengerjaan secara otomatis dan menekankan pada optimalisasi tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, mendorong masyarakat untuk terus berinovasi guna meningkatkan kesejahteraannya.

BACA JUGA:Jurus Jitu LPDB-KUMKM Kejar Target Penyaluran Dana Bergulir 2023

Menghadapi perkembangan zaman tersebut, dimana inovasi dan perubahan terjadi secara massif, pelaku usaha khususnya koperasi mau tidak mau harus meningkatkan kualitas SDM, terus bertransformasi digital, dan melakukan banyak terobosan.

Penguatan peran koperasi di sisi pengelolaan manajemen kelembagaan, pembinaan dan pendampingan, serta pemanfaatan teknologi juga sama urgensinya, selain dari sisi peningkatan sistem informasi dan layanan bisnis.

Hal yang tidak kalah penting adalah transformasi digital guna mendukung kemandirian koperasi. Dengan bergabung pada ekosistem digital, koperasi terintegrasi ke dalam rantai pasok yang harapanya mampu menciptakan produk-produk berbasis kreatif dan teknologi, serta dapat menumbuhkembangkan industri UMKM agar naik kelas ke pasar global.

Digitalisasi juga diterapkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPPS) Al Huda Wonosobo Jawa Tengah. Berkantor pusat di Jalan Mayjend Bambang Sugeng Kilometer 1 Kecamatan Wonosobo, KSPPS Al Huda memiliki aplikasi berbasis android mobile “Pasar Al Huda” sejak Oktober 2021. Kehadiran e-commerce “Pasar Al Huda” yang dapat diunduh melalui playstore, anggota memiliki wadah dalam memasarkan produk-produk usahanya serta dijadikan “pasar online” UMKM-UMKM di Wonosobo.

BACA JUGA:Tahun 2023, LPDB-KUMKM Kembali Pertegas Komitmen Terapkan Prinsip GRC

KSPPS Al Huda juga menggunakan aplikasi layanan digital lainnya seperti, mobile collector, payBMT, dan myBMT, dengan tujuan pokoknya meningkatkan pelayanan kepada anggota dan masyarakat. Koperasi yang berdiri pada tahun 1997, hingga kini memiliki 1 kantor pusat, 17 kantor cabang, dengan total karyawan sebanyak 131 orang. Per tahun 2022, KSPPS Al Huda mencatatkan total anggota sebanyak 45.665 orang, dengan total asset sebesar Rp151,24 miliar.

Selain penunjang teknologi, KSPPS Al Huda juga bersinergi dengan Program Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) dalam membangun dan mengembangkan UMKM anggota khususnya yang ada di wilayah Wonosobo. Pemberdayaan juga dilakukan berupa pendidikan dan pelatihan kemandirian modal usaha dan pendampingan usaha, selain adanya layanan kesehatan dan biaya pendidikan.

Sebagai koperasi primer tingkat provinsi, KSPPS Al Huda mendapat dukungan permodalan dari Kementerian Koperasi dan UKM melalui satuan kerjanya Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM). Pada tahun 2010, KSPPS Al Huda mendapatkan pembiayaan pertama dari LPDB-KUMKM sebesar Rp1 miliar, dan pembiayaan kedua tahun 2014 sebesar Rp5 miliar. Kedua pembiayaan ini kini berstatus kolektibilitas lunas.

Pada tahun 2020, KSPPS Al Huda kembali mendapatkan pembiayaan LPDB-KUMKM yang ketiga sebesar Rp6 miliar, dan pada November 2022 mendapat pembiayaan yang keempat sebesar Rp10 miliar. Kedua pembiayaan tersebut hingga saat ini berstatus kolektibilitas lancar. Ketua KSPPS Al Huda Bambang Ali Rahman Hakim mengatakan, pertimbangan koperasi bermitra dengan LPDB-KUMKM dilatarbelakangi komitmen kuat LPDB-KUMKM dalam mendorong koperasi-koperasi di Indonesia agar dapat memberikan pembiayaan kepada anggota yang merupakan pelaku UMKM.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan Koperasi, LPDB-KUMKM Gandeng Ikatan Akuntan Indonesia

Kategori :