Dampingi KSAL Yudo Margono Uji Kelayakan Calon Panglima TNI, Alasan Kapolri: Ini Bukti TNI-Polri Solid

Jumat 02-12-2022,16:12 WIB
Reporter : Gatot Wahyu
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono ke DPR untuk menjalani uji kelayakan calon Panglima TNI.

Tidak sendiri, Kapolri Listyo Sigit datang bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prastyo. 

Lantas apa alasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mendampingi Kepala Laksamana TNI Yudo Margono menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon panglima TNI di DPR?

"Ini menjadi salah satu kegiatan, bukti bahwa TNI dan Polri solid; dan ini kami bersama-sama dengan kepala staf yang lain mengantar Bapak Kasal, Bapak Laksamana Yudo Margono, atau biasa saya panggil Mas Yudo untuk melakukan fit and proper test," kata Listyo Sigit di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

BACA JUGA:KSAU-KSAD-Kapolri Dampingi Yudo Margono ke DPR, Panglima TNI Absen, Yudo Margono: Ada Dinas

Dia mengatakan soliditas TNI dan Polri tersebut selaras dengan pesan yang diamanahkan Presiden Joko Widodo.

"Bapak Presiden (Jokowi) sudah menyampaikan berulang-ulang bahwa TNI dan Polri harus selalu solid, harus selalu bersinergi," tambahnya.

Listyo Sigit menjelaskan sinergisme serta soliditas TNI dan Polri menjadi hal sangat penting, terlebih Indonesia akan memasuki tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Sehingga, yang namanya stabilitas, kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), keamanan masyarakat, keamanan negara, kedaulatan negara, kedaulatan pemerintah, itu menjadi sangat penting karena ini juga akan membawa dampak stabilitas politik juga akan terkendali," jelas Listyo Sigit.

BACA JUGA:Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR, Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Dikawal 3 Panglima Kogabwilhan

Hal itu, lanjutnya, juga menjadi modal bagi Indonesia untuk menghadapi situasi global yang penuh dengan ketidakpastian saat ini.

"Tapi dengan semangat soliditas, sinergisme yang ada, kami harapkan bahwa Indonesia akan terus menjadi lebih baik," imbuhnya.

Dia mengatakan akan menjaga komitmen dalam meningkatkan berbagai kegiatan yang melibatkan institusi Polri dengan TNI. Dia menambahkan akan menunjukkan bahwa TNI dan Polri selalu siap menjaga dan mengawal masyarakat.

"Tentunya dengan kegiatan bersama, dengan sinergisme TNI dan Polri, saya kira ini juga yang ditunggu dan diharapkan oleh masyarakat," katanya.

Kategori :