Dukung Daya Saing Industri, Balai Kemenperin Luncurkan Digital Online Services

Jumat 18-11-2022,14:28 WIB
Reporter : Sahroni
Editor : Sahroni

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus meningkatkan daya saing industri nasional agar siap menghadapi tantangan terkini dan mampu kompetitif di kancah global.

Terlebih lagi, pada gelaran Presendensi G20 Indonesia menjadi momentum penting dalam pembahasan isu industri yang lebih mendalam.

BACA JUGA:Mantap, Kemenperin Sebut Produk Alkes Indonesia Siap Masuk Pasar Global

BACA JUGA:Dukung Pengurangan Emisi Karbon, Kemenperin Dorong Populasi Kendaraan Listrik di Tanah Air

“Dua dari tiga fokus sektor prioritas Presidensi G20 Indonesia, yaitu sektor tranformasi digital dan sektor transisi energi, sejalan dengan upaya inovasi layanan dan jasa industri yang dikembangkan oleh seluruh satuan kerja kami,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi pada acara business matching dengan tema “Standardisasi Menuju Ketahanan Industri” yang dilaksanakan di Surabaya, Kamis (17/9).

Guna menjaga pertumbuhan positif di sektor industri, Kepala BSKJI menegaskan, pihaknya telah melaksanakan beberapa program strategis dalam rangka pencapaian sasaran pengembangan jasa industri.

Misalnya, penyusunan klasifikasi aktivitas jasa industri, pemetaan kontribusi jasa industri dalam PDB nasional, penyusunan neraca jasa industri, dan penyusunan Peraturan Menteri Perindustrian tentang Peta Panduan Pengembangan Jasa Industri.

Berikutnya, peningkatan infrastruktur pendukung Jasa Industri, peningkatan komponen lokal dalam pemberian layanan jasa industri, penguatan peran balai-balai di lingkungan Kemenperin dalam pemberian layanan jasa industri (sertifikasi, pengujian, kalibrasi, konsultasi, rancang bangun perekayasaan industri, pendampingan), serta peningkatan kompetensi SDM jasa industri melalui Bimbingan Teknis dan Sertifikasi (penyusunan SKKNI, pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi, pembentukan Tempat Uji Kompetensi).

BACA JUGA:Dorong Percepatan Transformasi Digital, Kemenperin Beri Bantuan Komputer Berkecepatan Tinggi di Sumbar

“Kami juga melakukan peningkatan peran jasa industri dalam rantai pasok dan perdagangan jasa internasional, serta peningkatan produktivitas dan efisiensi jasa industri dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, termasuk teknologi industri 4.0,” sebut Doddy.

Doddy menambahkan, salah satu satker di bawah BSKJI Kemenperin, yakni Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Surabaya telah menerapkan inovasi layanan cerdas dalam mengakselerasi pelayanan jasa industri yang profesional, transparan, akuntabel dan terbebas dari indikasi kerugian negara.

“Sampai saat ini, BSPJI Surabaya telah mendapatkan pengakuan dan meraih penghargaan sebagai satker Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan berstatus Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sejak tahun 2018, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2020, dan Pelayanan Prima pada tahun 2022 oleh Menpan RB,” tutur Doddy.

Pada agenda business matching ini, diluncurkan peresmian Digital Online Services sebagai inovasi layanan digital yang dapat mempermudah pelanggan untuk mendapatkan layanan jasa industri mulai dari pendaftaran sampai dengan penerbitan hasil layanan yang diberikan oleh BSPJI Surabaya.

BACA JUGA:Ini Berbagai Manfaat Balai Kemenperin dalam Upaya Ketahanan Pangan

Kategori :