News

WargaNTT Diimbau Waspada Banjir Lahar Gunung Lewotobi Laki-laki

fin.co.id - 30/06/2024, 14:56 WIB

Visual erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Minggu (16/6/2024) dengan ketinggian 1.000 meter di atas puncak.

fin.co.id-  Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau warga Desa Dulipali di Kecamatan Ile Bura, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) agar waspadai potensi banjir lahar saat hujan dari Gunung Lewotobi Laki-laki.

"Waspada karena saat ini sedang terjadi hujan di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki," kata Pengamat Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki Emanuel Rofinus Bere dilansir dari Antara, Minggu 30 Juni 2024.

Berdasarkan pengamatan visual yang terlihat dari Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki, visual puncak dari pagi hingga sore masih tertutup kabut. Selain itu cuaca juga terpantau mendung dan hujan.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar kali atau sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Lewotobi Laki-laki untuk selalu waspada.

Baca Juga

Masyarakat juga harus mengambil langkah antisipasi apabila terjadi banjir lahar hujan karena intensitas hujan di puncak tinggi.

"Tetap tenang, namun waspada," kata dia mengingatkan.

Gunung Lewotobi merupakan gunung api kembar yang terdiri dari dua puncak yakni Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan.

Gunung Lewotobi Laki-laki kini berada pada tingkat aktivitas Level III atau Siaga.

Badan Geologi masih merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari pusat erupsi.

Baca Juga

Rekomendasi serupa juga berlaku untuk sektor 4 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.(*)

Afdal Namakule
Penulis
-->