News

Pertalite Langka dan Tak Lagi Dijual di SPBU, Begini Penjelasan Pertamina

fin.co.id - 07/05/2024, 11:13 WIB

BBM Pertalite kosong di sejumlah SPBU

FIN.CO.ID - Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Pertalite sudah langka dan tak dijual lagi di SPBU milik Pertamina.

Kelangkaan ini dibarengi dengan kabar, Pertamina tak lagi menyalurkan BBM jenis Pertalite dan akan menggantinya dengan BBM jenis pertamax green 95.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membenarkan jika sebagian SPBU tak lagi menyediakan BBM jenis Pertalite.

Sudah cukup banyak SPBU yang tidak lagi menjual BBM jenis Pertalite. Namun, lebih banyak SPBU yang masih menjual BBM subsidi.

"Sebagian besar tetap menjual BBM subsidi," kata Irto, Selasa, 7 Mei 2024.

Dengan demikian, dia memastikan bahwa Pertamina tetap menyalurkan BBM jenis pertalite ke SPBU.

"Kita pastikan BBM subsidi tetap tersedia," tambahnya.

BACA JUGA:

Irto pun menyangkal jika ada kabar yang menyebut Pertamina telah mengurangi penyaluran BBM pertalite.

"Itu tidak benar," tegasnya.

Irto menerangkan bahwa BBM pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) yang merupakan kewenangan regulator atau pemerintah.

"Untuk saat ini kami  masih tetap melakukan penyaluran Pertalite sesuai penugasan yang diberikan oleh Pemerintah," tandas Irto.

Terkait pergantian BBM pertalite ke pertamax green di SPBU, Pertamina mengungkapkan masih belum banyak SPBU yang menjual pertamax green 95.

"Saat ini Pertamina Patra Niaga terus mendorong penambahan outlet/SPBU yang menjual Pertamax Green 95 karena adanya peningkatan permintaan oleh konsumen, sehingga saat ini di Jabodetabek dan Jatim sudah ada 65 SPBU yang menjual Pertamax Green 95," terang Irto.

Sebagai informasi, pengembangan outlet Pertamax Green 95 merupakan program Pertamina Patra Niaga untuk mendukung program dekarbonisasi Indonesia menuju Net Zero Emission (NZE) melalui penyediaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Gatot Wahyu
Penulis
-->