Kesehatan

Begini Cegah Stunting pada Anak, Nomor 2 Jangan Anggap Remeh

fin.co.id - 05/02/2024, 16:18 WIB

FIN.CO.ID -  Pencegahan stunting jadi prioritas pemerintah. Mencegah stunting perlu perhatian khusus. Terutama pada tahap-tahap awal kehidupan anak. 

Kondisi terhambatnya pertumbuhan fisik dan kognitif pada anak akibat kekurangan gizi, adalah masalah serius yang dapat berdampak jangka panjang pada perkembangan anak. 

Berikut langkah penting yang dapat diambil untuk mencegah stunting pada anak:

1. Pemberian Gizi yang Baik: Gizi yang mencukupi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pastikan anak mendapatkan asupan gizi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang optimal.

BACA JUGA:

2. ASI Eksklusif: Memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak memberikan perlindungan terbaik dari stunting. ASI mengandung zat-zat gizi penting dan antibodi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

3. Makanan Pendamping ASI yang Tepat: Setelah enam bulan, mulailah memberikan makanan pendamping ASI yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Pilih makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal.

4. Praktik Kebersihan dan Sanitasi: Infeksi dan penyakit dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi tubuh anak. Pastikan kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar anak terjaga. Cuci tangan secara teratur dan bersihkan tempat tinggal secara rutin.

5. Akses Air Bersih dan Sanitasi: Pastikan anak memiliki akses yang memadai terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang baik. Air yang bersih membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan.

BACA JUGA:

6. Pantau Pertumbuhan Anak:

Melakukan pemantauan pertumbuhan secara berkala dapat membantu mendeteksi potensi stunting lebih awal. Jika ditemukan masalah, dapat segera diatasi dengan penanganan yang tepat.

7. Edukasi Keluarga:

Edukasi kepada keluarga mengenai pentingnya gizi, perawatan kesehatan, dan praktik hidup sehat dapat membantu mencegah stunting. 

Memahami kebutuhan anak dan memberikan perhatian khusus pada tahap-tahap perkembangannya adalah kunci penting.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->