News

Hasil Survei Terbaru LSI Denny JA: Kita Simpulkan Pilpres 2024 Berlangsung 2 Putaran

fin.co.id - 21/11/2023, 15:27 WIB

Nomor Urut Capres Cawapres Pemilu 2024

FIN.CO.ID - Hasil Survei terbaru lembaga survei LSI Denny JA menyimpulkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berlangsung 2 putaran.

Siapa saja yang bakal maju di putaran 2 Pilpres 2024? Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakamuming Raka, Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, atau pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar?

Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA, elektabilitas paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi yang tertinggi. Meski demikian Pilpres tetap akan berjalan 2 putaran.

Dalam survei, 'Jika pemilu presiden dilaksanakan di saat survei kita kerjakan, siapakah dari 3 pasangan capres-cawapres ini yang dipilih?'. 

Berdasarkan jawaban yang disampaikan, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 40,3 persen, Ganjar-Mahfud 28,6 persen, Anies-Muhaimin Iskandar atau pasangan AMIN 20,3 persen. Yang memilih opsi tidak tahu atau tidak jawab berada di angka 10,8 persen.

BACA JUGA:

"Jadi jika pilpres dilaksanakan di saat survei kita kerjakan maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan capres-cawapres dengan elektabilitas tertinggi mencapai 40,3 persen, disusul Ganjar Mahfud 28,6 persen, dan pasangan AMIN di angka 20,3 persen, ada yang belum tentukan pilihan kruang lebih 10,8 persen," kata pembicara LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, saat memaparkan survei, Senin, 20 November 2023.

Dia menyebut Pilpres 2024 diprediksi akan berlangsung 2 putaran. Dia menyebut dari elektabilitas yang ada, hanya pasangan Prabowo-Gibran yang sudah pasti masuk ke putaran kedua.

"Kita simpulkan bahwa kemungkinan pilpres akan diselenggarakan dalam 2 putaran pilpres, dengan data per hari ini, karena yang belum tahu atau belum jawab hanya tersisa 10,8 persen, dan dari data ini jika pilpres dilaksanakan dalam 2 putaran, maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan pertama yang lolos putaran kedua dengan angka 40,3 persen," ujarnya.

"Lalu pertanyaannya siapa pasangan lain yang ikut lolos bertarung dengan Prabowo-Gibran di putaran kedua? Dari data ini kita lihat bahwa sisa tiket masih akan diperebutkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin karena selisih elektabilitasnya hanya di bawah 10 persen atau tidak lebih dari 2 digit," lanjut dia.

BACA JUGA:

Survei digelar pada 6-13 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Para responden dipilih secara acak atau multistage random sampling. Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei Indonesia Political Opinion, Pasangan Anies-Cak Imin Salip Ganjar-Mahfud 

Calon Presiden Anies Baswedan salib Ganjar Pranowo dalam survei yang dirilis lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada Senin 20 November 2023.

Dalam survei ini, dilakukan skema tiga nama Capres yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. 

Prabowo Subianto berhasil memimpin dalam skema tersebut dengan tingkat keterpilihan mencapai 37,5 persen. Sementara Ganjar Pranowo yang turun di posisi ke tiga. 

Gatot Wahyu
Penulis
-->