News

Profil Siman Bahar, Bos PT Loco Montrado yang Diduga Palsukan Impor Emas Batangan 3,5 Ton

fin.co.id - 02/11/2023, 09:02 WIB

Siman Bahar Alias Bong Kin Phin Crazy Rich Pontianak, Bos PT Loco Montrado terkait impor emas 3.5 Ton Rp 189 Triliun

FIN.CO.ID-  Siman Bahar alias Bong Kin Phin alias SB adalah Direktur Utama PT Loco Montrado (LM), perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan pengolahan mineral. Ia lahir di Sungailiat, Bangka Belitung, pada 1967.

Siman Bahar memulai karirnya sebagai pengusaha di bidang pertambangan timah pada tahun 1990-an. 

Ia kemudian mendirikan PT Loco Montrado pada tahun 2000. Seiring dengan berkembangnya perusahaan, Siman Bahar melebarkan bisnisnya ke bidang pengolahan mineral, seperti anoda logam dan nikel.

Siman Bahar dikenal sebagai pengusaha yang sukses dan berpengaruh. Ia memiliki jaringan yang luas di dunia pertambangan dan bisnis. Ia juga merupakan anggota aktif dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Pada tahun 2021 Siman Bahar sempat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam Tbk dengan PT Loco Montrado. Namun, status tersangka itu gugur seiring dikabulkannya Praperadilan Siman oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

BACA JUGA:

Bos PT Loco Montrado Siman Bahar alias Bong Kin Phin diduga terkait transaksi mencurigakan Rp 189 triliun impor emas 3.5 ton.-fin/diolah-

Saat itu, PN Jakarta Selatan menyatakan penetapan tersangka terhadap Siman oleh KPK berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Sprin.Dik/40/DIK.00/01/08/2021 tanggal 19 Agustus 2021 Jo Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) tanggal 23 Agustus 2021 tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum.

Kemudian pada Juni 2023, Siman Bahar kembali ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Antam Tbk dengan PT Loco Montrado. 

Berikut adalah profil singkat Siman Bahar alias Bong Kin Phin alias SB:

Nama: Siman Bahar

Alias: Bong Kin Phin, SB

Jabatan: Direktur Utama PT Loco Montrado

Lahir: Sungailiat, Bangka Belitung, 1967

Pendidikan: Sarjana Teknik Pertambangan, Universitas Trisakti

Afdal Namakule
Penulis
-->