Fakta: Konsumen LCGC Honda di Indonesia Mulai Beralih ke SUV, Berikut Hasil Kajiannya

Fakta: Konsumen LCGC Honda di Indonesia Mulai Beralih ke SUV, Berikut Hasil Kajiannya

All New Honda HR-V 2022. Dok Honda Prospect Motors--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi. 

Selain itu, kebutuhan masyarakat akan sebuah kendaraan roda empat untuk mendukung mobilitas dan aktivitas mereka sehari-hari juga mendorong angka penjualan mobil di Tanah Air. 

(BACA JUGA:Review Daihatsu Taft 2022 LCGC di Jepang, Bakal Masuk Indonesia Juga?)

(BACA JUGA:Hyundai Serius Garap Mobil Listrik, Kucurkan Investasi Rp81 Triliun untuk Bangun Pabrik EV di Georgia)

Hingga tahun 2020, tercatat kendaraan segment MPV dan LCGC selalu menjadi segmen dengan penjualan terbesar, namun trend-nya cenderung stagnan. 

Selain itu, pada tahun 2020 pasar di segmen LCGC Honda juga mengalami penurunan, karena terdampak oleh penjualan Honda Brio Satya yang terkendala pasokan komponen.

Sementara itu, trend penjualan SUV terus meningkat bahkan pada tahun 2021 telah melampaui penjualan MPV dan juga LCGC. 

"Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Bahkan pada tahun 2021, segmen SUV telah menjadi segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia," ujar Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor, Ferdianto Budiono, dalam keterangannya, Rabu 25 Mei 2022. 

(BACA JUGA:Daftar Mobil LCGC Paling Laris Bulan April 2022, Mobil Anda di Peringkat Berapa?)

(BACA JUGA:Daftar MPV Terlaris Bulan April 2022, Dari Tipe Premium Sampai yang Compact)

Ferdianto mengatakan, pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu oleh pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia. 

"Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi sekitar serta kebutuhan mereka," ungkapnya. 

Sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia, konsumen otomotif di Indonesia memiliki kebutuhan dasar akan sebuah mobil yaitu antara lain:

  • Dapat menampung banyak orang,
  • Dapat memuat banyak barang,
  • Reliabel dan harganya terjangkau,
  • Nyaman untuk dikendarai di berbagai kondisi jalan.

(BACA JUGA:Daftar 5 Hatchback Paling Laris Periode April 2022, Siapa Paling Unggul?)

Sumber: