Mobil FWD Gak Kuat Nanjak, Mitos Atau Fakta?

Mobil FWD Gak Kuat Nanjak, Mitos Atau Fakta?

All New Veloz vs Xpander Facelift-autofun.co.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Trend mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) saat ini adalah berpenggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). 

Trend yang diawali dengan kemunculan Suzuki Ertiga dan  Mitsubishi Xpander itu, saat ini sudah diikuti oleh kompetitor di kelasnya, yaitu All New Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang saat ini sudah mengusung FWD. 

(BACA JUGA:Daftar 6 Mobil Harga Rp300 Jutaan yang Punya Fitur Panoramic Sunroof)

Namun demikian, banyak kita dengar opini bahwa kendaraan seven seater yang berpenggerak roda depan, sangat lemah ketika melibas tanjakan. Benarkah anggapan tersebut? 

Influencer yang merupakan pegiat otomotif Ridwan Hanif Rahmadi membahas hal itu dalam channel YouTube nya. Dalam video berjudul "KENAPA MOBIL FWD GAGAL NANJAK" itu, Ridwan Hanif menceritakan pengalamannya ketika mereview mobil MPV seven seater FWD di kontur jalan menanjak. 

(BACA JUGA:Daftar 10 MPV Terlaris Dunia: Toyota Avanza Masuk List Nomor Berapa?)

Menurut Ridwan Hanif, ia telah mengetes langsung mobil MPV seven seater FWD tersebut di dua tanjakan yang fenomenal, yakni Tanjakan Sinomati dan juga Sitinjau Lauik. 

Ridwan menceritakan, metode pengetesan yang ia lakukan yakni mengisi full tujuh penumpang hingga bangku baris ketiga. Ia juga menempatkan beban yang terberat pada kursi baris ketiga, serta memilih jalan yang tingkat kemiringan (Menanjak) cukup tinggi, yakni 12 derajat, lalu menjalankan kendaraan dari posisi nol atau berhenti. Mobil yang ia gunakan adalah Toyota Veloz FWD dengan mesin 1.500 cc. 

(BACA JUGA:Daftar 3 Mobil LCGC Terlaris Sepanjang Kuartal I-2022)

"Dia nanjak, aman, tapi memang mesin agak meraung dan RPM nya sampai 3.000," ujar Ridwan Hanif dalam tayangan video, dilihat Fin.co.id, Selasa 17 Mei 2022.

Kesimpulannya, MPV seven seater FWD dengan penumpang full dan kemiringan jalan 12 derajat, kendaraan tidak ada masalah dalam menanjak. 

(BACA JUGA:Kenalin Nih, Teknologi Elektrifikasi Paling Anyar Milik Suzuki Namanya Suzuki Smart Hybrid)

Lalu, bagaimana dengan MPV FWD bermesin 1.200 cc?

Ridwan Hanif memastikan mobil kuat menanjak. Hal itu sudah ia buktikan dengan Toyota Calya. 

Sumber: