Menkopolhukam dan Mendagri Kunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud, Canangkan Gerbangdutas 2022

Menkopolhukam dan Mendagri Kunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud, Canangkan Gerbangdutas 2022

Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud untuk Pencanagan Gerbangdutas 2022-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, pada 23-24 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

(BACA JUGA:Mahfud dan Tito Bakal Hadiri Pencanangan Gerbangdutas BNPP serta Kunjungi Pulau Miangas)

(BACA JUGA:Mendagri Tunjuk Sekretaris BNPP Jadi Pelaksana Harian Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan)

Dalam rangkaian acara tersebut, Menko Mahfud dan Menteri Tito melakukan pencanangan program dan anggaran dari Kementerian dan Lembaga untuk kawasan perbatasan negara.

Selain itu, agenda lainnya yaitu penandatanganan prasasti, memberikan bantuan kepada masyarakat, meninjau pelaksanaan vaksin dan pembuatan KTP elektronik, serta peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan Umum di Melonguane, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Setelah dari Melonguane, agenda dilanjutkan dengan kunjungan ke Pulau Miangas, yang merupakan salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang terletak paling utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Sekretaris BNPP Restuardy Daud mengungkapkan, pencanangan Gerbangdutas 2022 tak cuma meningkatkan upaya pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum di kawasan perbatasan, tapi juga mengatasi keterisolasian wilayah perbatasan.

(BACA JUGA:Mazdjo Pray Soal Formula E: Lebih Banyak Drama Ketimbang Kisah Nyata!)

(BACA JUGA:Koalisi Golkar - PAN - PPP Terbentuk, Mazdjo Pray Makin Yakin Anies Gak Bakal Bisa Nyapres)

“Gerbangdutas 2022 di Kepulauan Talaud merupakan upaya pembangunan kawasan perbatasan negara melalui pemanfaatan potensi kawasan perbatasan. Penyediaan infrastruktur di kawasan perbatasan dapat mengatasi keterisolasian wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kawasan perbatasa," ,” ujar Restuardy Daud, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 25 Mei 2022. 

“Gerbangdutas 2022 juga menjadi wujud nyata dari perintah Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah serta desa dalam kerangka negara kesatuan," sambungnya. 

Lalu, Menkopolhukam dan Mendagri melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang Program Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Sehat Baznas Miangas. 

Pencanangan Gerbangdutas 2022 merupakan bentuk komitmen pemerintah membangun perbatasan dengan memperkuat sinergi prioritas kegiatan Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: