Jelang Libur Lebaran, Polda Metro Jaya Pastikan Ganjil Genap Ditiadakan

Jelang Libur Lebaran, Polda Metro Jaya Pastikan Ganjil Genap Ditiadakan

Polda Metro jaya mengingatkan warga Jabodetabek yang hendak bepergian ke Bandung untuk tidak melewati Tol Jakarta-Cikampek--PMJ news

JAKARTA, FIN.CO.ID- Polda Metro Jaya mengumumkan selama libur lebaran, kebijakan ganjil genap kendaraan di wilayah Jakarta tidak akan diberlakukan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan libur bersama pada masa lebaran. Maka dari itu, Polda Metro Jaya tidak berlakukan ganjil genap pada 29 April sampai 6 Mei 2022

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

"Sehingga, ketika ada kebijakan pemerintah untuk adanya libur bersama pada masa Lebaran 2022 ini yang dimulai dari tanggal 29 April sampai 6 Mei, maka pada tanggal itu gage di Jakarta tidak berlaku," ujar Sambodo sebagaimana dikutip FIN dari PMJ pada Minggu, 1 April 2022.

Pol Sambodo Puromo Yogo menjelaskan meski ganjil genap di Jakarta tidak berlaku selama libur Lebaran, Sambodo memastikan kebijakan ganjil genap di jalan tol tetap berlaku selaa arus mudik dan arus balik.

"Kecuali gage di jalan tol yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan one way baik pada arus mudik maupun arus balik," jelasnya.

(BACA JUGA:Polisi Akan Sisir Gang-Gang Sempit Amankan Rumah Ditinggal Mudik)

(BACA JUGA:Skema One Way di KM 47 Trending Twitter, Polisi: Sekarang Sabar dan Gantian)

Diberitakan sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menjadwalkan uji coba penerapan ganjil-genap arus mudik Lebaran 2022 dengan di ruas jalan tol pada 25 - 27 April 2022. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan akibat arus mudik

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan dalam menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap ini, Korlantas menggandeng Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR. Dengan aturan ini, diharapkan dapat membantu kelancaran arus mudik.

"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," ucap Eddy, Minggu (24/4/2022).

Selain itu, Polda Metro Jaya akan mengerahkan personelnya untuk menyisir gang-gang sempit dalam upaya mengamankan rumah pemudik.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan pasukan gabungan TNI-Polri untuk berpatroli hingga masuk ke gang atau lorong.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah berbagai jenis kejahatan jelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: