Masuki Hari Pertama Periode Angkutan Lebaran 2022, AP II Terima Permohonan Extra Flight dari Sejumlah Maskapai

Masuki Hari Pertama Periode Angkutan Lebaran 2022, AP II Terima Permohonan Extra Flight dari Sejumlah Maskapai

PT Angkasa Pura II -Istimewa-

TANGERANG, FIN.CO.ID - Masa Periode Angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta telah dimulai hari ini, Jumat 22 April 2022. 

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pada hari pertama atau di H-10 ini jumlah pergerakan penumpang pesawat diperkirakan mencapai 146.723 orang. 

Jumlah tersebut, menurutnya, diperkirakan akan terus meningkat hingga pada puncak arus mudik pada 30 April 2022 atau sekitar H-2 Lebaran.

(BACA JUGA:Tiga Pasar Tumpah di Tangerang Ini Disebut Polisi Jadi Biang Macet Saat Mudik Lebaran 2022)

"Pada puncak arus mudik atau sekitar H-2 diperkirakan dapat mencapai 169.781 penumpang," kata Awaludin dalam keterangannya, Jumat, 22 April 2022.

Dia melanjutkan, bandara-bandara yang dikolola oleh AP II saat ini telah menerima permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari sejumlah maskapai. 

Hingga kini, jumlah extra flight yang diajukan maskapai ke AP II telah mencapai 538 untuk periode 25 April-10 Mei 2022.

(BACA JUGA:Kendaraan Mudik Lebaran Naik 15 Persen, Pasar Gembong dan Pasar Cikupa Diprediksi Jadi Titik Kemacetan)

"Sebagian besar extra flight diajukan di Bandara Soekarno-Hatta. Sudah 2 tahun terakhir tidak ada extra flight yang diajukan maskapai karena pandemi COVID-19," ujarnya

Dikatakan Awaludin, dengan adanya kembali extra flight pada periode angkutan lebaran, hal ini tentunya menjadi perhatian pihak AP II untuk melakukan penyesuaian operasional. 

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan keandalan fasilitas guna mengakomodir extra flight yang disetujui. 

(BACA JUGA:Pemkab Tangerang Boyong Seluruh Penghargaan Top BUMD)

"Adanya extra flight juga sebagai salah satu indikator pemulihan sektor penerbangan nasional," ucapnya 

Dirinya juga mengungkapkan, memasuki periode Angkutan Lebaran 2022, seluruh bandara AP II mulai fokus mengantisipasi pergerakan penumpang dan pesawat. 

Seluruh bandara AP II, kata dia, berupaya untuk mewujudkan Mudik Aman, Mudik Sehat, di mana para personel bandara fokus pada pergerakan yang ada dan melaporkan secara real-time, untuk dilakukan analisa sebagai dasar pengambilan keputusan operasional.

(BACA JUGA:Tepergok Curi Sapi dan Kerbau, Pria Babak Belur Diamuk Massa Hingga Terkapar Tanpa Busana)

"Hal ini guna memastikan bandara AP II dapat tetap menerapkan prinsip safety, security service dan compliance terhadap berbagai regulasi termasuk protokol kesehatan COVID-19," ungkapnya

Tidak hanya mengawasi operasional bandara dan penerbangan, Awaludin juga mengatakan, mulai hari ini 20 bandara AP II secara resmi membuka Posko Angkutan Udara Pada Masa Lebaran Tahun 2022 (1443 H).

Ia menjelaskan, posko-posko tersebut bertugas mengawasi ketaatan terhadap protokol kesehatan. Melalui posko ini,  seluruh stakeholder akan lebih mudah berkoordinasi untuk memastikan Angkutan Lebaran di 20 bandara AP II. 

(BACA JUGA:Sidak Jelang Lebaran, Produk Makanan Tidak Layak Jual Ditemukan di Transmart Cikokol Tangerang)

"Posko ini sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan agar angkutan lebaran berjalan dengan aman, tertib, selamat dan lancar sesuai prinsip safety, security, service dan compliance terhadap berbagai regulasi," paparnya.

Dia menyebut, posko Angkutan Lebaran 2022 di bandara AP II diperkuat personel dari stakeholder bandara antara lain AP II selaku operator bandara, Satgas Penanganan COVID-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi. 

Dia juga memastikan, seluruh stakeholder di bandara AP II telah mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat saat Angkutan Lebaran. 

(BACA JUGA:Cair! Senin Depan ASN Pemkab Tangerang Terima THR )

"Standar pelayanan di bandara harus terjaga, protokol kesehatan wajib dijalani, dan seluruh fasilitas dipastikan dalam kondisi baik," pungkasnya. (Rikhi Ferdian)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: