Survei SMRC: Ridwan Kamil Masih Jadi Tokoh Favorit Publik

Survei SMRC: Ridwan Kamil Masih Jadi Tokoh Favorit Publik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Survei terbaru yang dilaksanakan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk Prospek Presiden 2024 Updated Survei Nasional: 13-20 Maret 2022 menunjukkan posisi Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil sebagai tokoh yang disukai publik masih tinggi.

Peneliti SMRC Sirodjudin Abbas mengatakan faktor yang elementer seseorang dalam memilih calon presiden adalah psikologi memilih: tahu dan suka dengan yang diketahuinya tersebut.

"Tahu saja tidak cukup. Tahu kalau tidak suka tidak akan berujung ke memilih. Karena itu 'suka' adalah indikasi lebih mendalam untuk menjelaskan mengapa orang memilih seorang calon," kata Abbas dalam keterangannya, Jumat, 8 April 2022.

(BACA JUGA:Jefri Nichol Adu Jotos di Ring Tinju Lawan Haters, Ridwan Kamil: Kalau Saya Cukup Secara Online)

SMRC menuturkan Ridwan Kamil dinilai responden sebagai tokoh paling disukai di antara nama-nama yang beredar dan disebut-sebut sebagai bakal calon presiden. Meski di atasnya masih ada Prabowo, Ganjar, dan Anies Baswedan.

"Sejumlah nama tingkat kedikenalannya sementara masih rendah di bawah 80 persen tapi kedisukaannya relatif tinggi di atas 80 persen antara lain Ganjar tahu 69 persen, suka 81 persen, Khoffifah, tahu 49 persen, suka 80 persen, dan Ridwan Kamil tahu 65 persen, suka 84 persen," tuturnya.

Menurut dia popularitas dan elektabilitas Gubernur Jawa Barat tetap stabil meski konstelasi survei masih mendudukan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam tiga besar Calon Presiden.

(BACA JUGA:Survei SMRC: Ganjar di Puncak, Anies dan Prabowo Keok)

"Kuantitas dan kualitas popularitas masing-masing, berimplikasi terhadap elektabilitas mereka," kata dia

Dalam format pertanyaan semi terbuka dimana responden diberikan daftar 43 nama untuk dipilih dan boleh memilih nama lain di luar daftar Ganjar mendapat dukungan 18,1 persen, seimbang dengan Prabowo 17,6 persen berikutnya Anies Baswedan 14,4 persen, Ridwan Kamil 3,9 persen, AHY 3,5 persen, Megawati 3,1 persen, Ahok 3 persen dan nama-nama lain di bawah 3 persen, dan yang belum tahu 13,7 persen.

"Kalau kita lihat tren setahun memang Ridwan Kamil atau RK stabil masuk lima besar lah yah. Itu kalau dllihat dari pertengahan tahun lalu konsisten di kisaran lima besar. Prabowo, Ganjar, Anies, RK," katanya.

(BACA JUGA:Lima Nama Ini yang Dijagokan Maju Pilpres 2024, AHY dan Ridwan Kamil Masuk Lima Besar)

Menurutnya moncernya tingkat kedisukaan publik pada Ridwan Kamil terbilang penting dipantau mengingat angkanya terbilang tinggi, karena bisa mengungguli Ganjar Pranowo sebesar 84 persen.

Sirodjudin menilai popularitas RIdwan Kamil yang cukup tinggi di angka 65 persen menjadi modal kuat mengingat posisinya yang tidak ada di panggung nasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: