Survei SMRC: Ganjar di Puncak, Anies dan Prabowo Keok

Survei SMRC: Ganjar di Puncak, Anies dan Prabowo Keok

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.-Twitter @ganjarpranowo-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, unggul atas sejumlah tokoh lain apabila pemilihan calon presiden (capres) diadakan tahun ini.

"Jika arah dukungan pemilih kritis kepada calon-calon presiden tidak mengalami perubahan yang signifikan, Ganjar memiliki modal yang kuat untuk pemilihan presiden 2024 mendatang," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, memaparkan hasil survei bertajuk Kecenderungan Pilihan Presiden Pemilih Kritis Nasional melalui kanal YouTube SMRC TV, Senin, 28 Februari 2022.

Ia menyampaikan, dalam survei yang dilakukan pada 8-10 Februari 2022, Ganjar unggul atas  sejumlah tokoh lainnya di kelompok pemilih kritis. 

(BACA JUGA:Megawati Pilih Ganjar Jadi Capres 2024, Pengamat: Jika Puan Dipastikan Babak Belur)

"Keunggulan Ganjar tersebut terlihat dalam berbagai simulasi pertanyaan, seperti pilihan spontan (top of mind), simulasi semi terbuka 29 nama, simulasi tertutup 15 nama, simulasi tertutup 3 nama, hingga simulasi tertutup 2 nama," ucap Deni.

Menurut dia, Ganjar berada di urutan teratas dengan dukungan spontan 19,9 persen pemilih kritis. Posisi kedua ditempati Prabowo Subianto (10,4 persen), lalu Anies Baswedan (9,8 persen). 

Sementara tokoh-tokoh lain mendapat dukungan spontan di bawah 4 persen, dan pemilih yang belum tahu 45,7 persen.

(BACA JUGA:Ganjar Mau Capres? Arief Poyuono: Bukan Kelas Nasional, Negara Bisa Berantakan, Contohnya Sekarang...)

Kemudian, dalam simulasi semi terbuka dengan 29 nama, Ganjar kembali berada di posisi teratas dengan dukungan 26,8 persen. Selanjutnya Anies 13,9 persen, Prabowo 13,7 persen, Sandiaga Uno 5,8 persen, dan Ridwan Kamil 5,1 persen. Tokoh-tokoh lain di bawah 3 persen, sementara yang belum tahu 24 persen.

“Dalam dua tahun terakhir, dukungan pemilih kritis kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 7,7 persen pada survei Mei 2020 menjadi 26,8 persen pada survei terakhir 8-10 Februari 2022,” papar Deni. 

Kemudian, dalam simulasi tertutup 15 nama, Ganjar lagi-lagi unggul dengan dukungan 27,5 persen. Disusul Anies 14,8 persen, Prabowo 14,3 persen, Sandi 6,2 persen, Ridwan 5,9 persen. Lalu tokoh-tokoh lain mendapat dukungan di bawah 3 persen, dan yang belum tahu 21,8 persen.

(BACA JUGA:Cek Ombak Capres 2024! Erick Tohir, LaNyalla, Muhaimin, Anies, Ridwan, Airlangga, Ganjar, Puan atau Prabowo )

Dalam simulasi 3 tertutup nama, Ganjar tetap unggul di kelompok pemilih kritis dengan dukungan 34,7 persen, disusul Anies 23,3 persen, dan Prabowo 21.9 persen. Sementara pemilih kritis yang menjawab belum tahu sebanyak 20,1 persen.

Begitu juga dalam simulasi 2 nama, Ganjar unggul atas Prabowo maupun Anies.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: