Pemerintah All Out Persiapkan Event MotoGP Mandalika 2022

Ilustrasi MotoGP Mandalika [email protected]

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan terkait memaksimalkan persiapan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika) di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022. 

Harapannya, event akbar itu bisa berlangsung lancar dan memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat, sekaligus mendukung kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja. 

.

"Saat ini persiapan di semua sektor sudah pada tahap posisi final. Sudah diputuskan untuk penonton menjadi 60 ribu dalam tiga hari. Meski COVID-19 dengan varian Omicron ini sudah menunjukkan tren penurunan, tapi kita tetap perlu waspada," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Rizki Handayani, Selasa 1 Maret 2022.

(BACA JUGA:Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Masih Jauh dari Target, Sekda NTB Sebut Tes Antigen Jadi Biang Keroknya)

Kemenparekraf/Baparekraf menjalankan berbagai program promosi termasuk menyusun paket-paket perjalanan bersama ASITA dan pelaku industri lokal di NTB. Harapannya wisatawan yang datang nantinya tidak hanya sekadar menyaksikan ajang balap motor kelas dunia, namun juga berkegiatan wisata, khususnya ke berbagai destinasi yang ada di Pulau Lombok.

"Kita harapkan NTB khususnya Lombok menjadi destinasi internasional tidak hanya karena ada event, tapi juga karena fasilitas pendukungnya yang terus disiapkan pemerintah. Ini menjadi modal dasar, dimana kolaborasi antarkementerian dengan industri pariwisata dan entitas bisnis lainnya telah menunjukkan satu model kolaborasi pengembangan tidak hanya pariwisata, tapi juga mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia," kata Rizki.

Kemenparekraf berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya fasilitasi perizinan event hingga penyiapan SDM parekraf melalui pelatihan-pelatihan bagi masyarakat lokal. 

(BACA JUGA:Penonton MotoGP Mandalika Dibatasi Hanya 60 Ribu Orang)

...

Berbagai pelatihan itu antara lain kepemanduan, fotografi, penerimaan dan penyiapan kamar tamu pada homestay, pelatihan kuliner, kewirausahaan, pelatihan kriya, pengelolaan sampah, pelatihan sanitasi dan toilet bersih, dan lainnya.

Kemenparekraf juga memberikan dukungan penyelenggaraan side event untuk promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP 2022. Diantaranya Touring Road to MotoGP 2022.

Fasilitasi terhadap pelaku UMKM ekonomi kreatif Nusa Tenggara Barat untuk promosi dan menjual produk-produknya juga disiapkan Kemenparekraf. 

(BACA JUGA:Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika Harus Berkontribusi Besar Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja)

Dukungan showcase produk ekraf pada penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akan dilakukan melalui instalasi planogram di terminal keberangkatan, serta penempatan food truck di area strategis. 

"Jadi kita harapkan tiga minggu lagi para atlet sepeda motor dunia itu hadir dan mendapatkan impresi yang baik," kata Rizki.

Sumber :

BERITA TERKAIT