Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika Harus Berkontribusi Besar Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika Harus Berkontribusi Besar Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Menparekraf Sandiaga Uno-Kemenparekraf-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan harapannya agar ajang MotoGP Mandalika 2022 dapat berkontribusi besar bagi kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja khususnya bagi masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sandiaga mengajak semua pihak agar turut mendorong kesuksesan pelaksanaan MotoGP demi semakin terbukanya pemulihan ekonomi dan peluang lapangan kerja baru. 

Sandiaga menyebutkan pada 18 Februari 2022 yang lalu, Kemenparekraf telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Dorna Sports untuk mengukuhkan Indonesia sebagai pemilik hak pelaksanaan MotoGP 2022 yang akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Tes Pramusim Moto2, Pembalap Keturunan Indonesia Alami Patah Tulang Selangka)

Selain itu, dalam rangka menyukseskan penyiapan infrastruktur penunjang gelaran ini, Sandiaga mengatakan pihaknya telah memantau langsung pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika. 

Ia juga memastikan kesiapan Glamping Mandalika yang menjadi salah satu lokasi penginapan bagi para penonton Moto GP pada Minggu 20 Februari 2022

"Saya mendapat laporan dan melihat sendiri that we're ahead of our schedule walaupun tentunya kita berdoa cuaca mendukung dan kesiapan faktor-faktor lainnya sehingga pengaspalan kembali ini bisa berlangsung lancar dan sukses," katanya. 

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, mengatakan saat ini pihaknya masih terus mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk mendukung kelancaran pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022. 

(BACA JUGA:Mantan Rider MotoGP: Fabio Quartararo Bakal Sulit Pertahankan Gelar Juaranya)

Seperti pelebaran jalan provinsi di area utara kawasan Sirkuit Mandalika, pembangunan lokasi parkir di area timur dan barat, perampungan sarana dan prasarana di kawasan dalam sirkuit, serta pembangunan jalur shuttle bus di area selatan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. 

"Jalan provinsi akan kita perluas dan saat ini sudah mulai terlihat pembangunannya. Kita harapkan nanti pada minggu pertama Maret 2022 sudah selesai menjadi empat jalur," kata Hadi. 

Selain itu, Hadi juga menyampaikan Presiden Jokowi sudah menargetkan jumlah tiket terjual di angka 63 ribu hingga 100 ribu tiket. Sehingga, mantan Panglima TNI itu menilai perlu ada langkah-langkah promosi yang kuat agar penjualan tiket dapat mencapai angka yang ditargetkan dan sarana hunian pariwisata (sarhunta) di sekitar kawasan Mandalika dapat terisi optimal. 

(BACA JUGA:Bidik Juara MotoGP 2022, Marc Marquez Punya Permintaan ke Honda)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: