Angkut Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub dan ITDC Siapkan Ratusan Shuttle Bus Gratis

Angkut Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub dan ITDC Siapkan Ratusan Shuttle Bus Gratis

Shuttle bus even WSBK Mandalika-infopublik.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ratusan shuttle bus dan angkutan Antarmoda disiapkan Kementerian Perhubungan dan ITDC, untuk penonton MotoGP Mandalika atau Pertamina Grandprix of Indonesia pada bulan Maret 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam agenda Media Briefing “Dukungan Sektor Transportasi Pada Event MotoGP Mandalika 2022” pada Rabu 16 Februari 2022. 

Dirjen Budi mengungkapkan, anggaran yang disiapkan untuk dukungan transportasi tersebut mencapai Rp21,2 miliar, dikeluarkan secara bertahap. 

(BACA JUGA:Gunakan Teknologi Terkemuka di Dunia, Sirkuit Mandalika Akan Dilapis Ulang)

“Secara bertahap kami di Ditjen Hubdat memberikan beberapa dukungan baik berupa fasilitas keselamatan, juga transportasinya. Pertama dukungan shuttle bus dengan anggaran 5,4 Miliar dengan kebutuhan 188 unit dimana 85 unit bus dari Kemenhub dan 103 unit dari ITDC untuk shuttle bus di kawasan Mandalika,” ungkap Dirjen Budi. 

Dalam keterangan tersebut, Dirjen Budi menjelaskan bahwa jenis shuttle bus yang disediakan adalah kategori sedang. 

“Headway kami pertahankan tidak lebih dari 5 menit,” ungkapnya.

(BACA JUGA:Sirkuit Mandalika Dikeluhkan Kotor, Rifat Sungkar Jawab Begini)

Jumlah bus tersebut telah disesuaikan untuk mengangkut penumpang sebanyak 63 ribu orang, dan dapat digunakan secara gratis. 

Sementara itu akan ada dukungan berupa bus antarmoda untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute yang menghubungkan pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit. 

“Untuk bus antarmoda kami siapkan 278 bus. Nantinya semua pergerakan penumpang baik di dalam kawasan maupun di luar akan menggunakan angkutan yang disediakan. Berikutnya pembangunan 4 halte bus dan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mendukung beberapa ruas jalan,” jelas Dirjen Budi.

(BACA JUGA:Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Usul Begini Untuk Pelaksanaan Balapan Maret Mendatang)

Pelayanan Angkutan Antarmoda disediakan sebanyak 6 rute yaitu:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: