Rasanya Sepahit Putus Cinta, Tanaman Brotowali Ternyata Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan

Rasanya Sepahit Putus Cinta, Tanaman Brotowali Ternyata Banyak Manfaatnya Buat Kesehatan

Tanaman Brotowali-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Meski rasanya sangat pahit, tanaman Brotowali ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Mulai dari mengobati diabetes, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh.  

Brotowali atau istilah latinnya Tinospora cordifolia merupakan tanaman berbentuk semak merambat. Tanaman ini dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk hati dan batangnya yang memiliki tonjolan-tonjolan kecil. Bagian batang inilah yang umumnya dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Tak hanya batangnya, bagian daun dan akar tanaman brotowali juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat herba di berbagai negara, termasuk India dan Indonesia.

(BACA JUGA:Bolehkah Penderita DarahTinggi Makan Manis?)

(BACA JUGA:Cara Mengatasi Diare, Kenali Juga Penyebabnya)

Kandungan Nutrisi pada Brotowali

Brotowali mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, serta berbagai mineral, seperti fosfor, kalium, mangan, kalsium, zinc, zat besi, dan tembaga.

Di samping itu, brotowali juga mengandung antioksidan flavonoid dan beragam zat lainnya, termasuk alkaloid, glikosida, tanin, steroid, dan terpenoid, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

(BACA JUGA:Bolehkah Makan Kecap jika Diabetes?)

(BACA JUGA:Daftar Sayur yang Pantang Dimakan Penderita Masalah Ginjal)

Manfaat Brotowali bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi dan berbagai zat di dalamnya, manfaat brotowali bagi kesehatan tidaklah sedikit. Berikut ini adalah 8 manfaat Brotowali bagi kesehatan:

1. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat brotowali yang sudah dikenal sejak lama adalah sebagai obat herba untuk menurunkan kadar gula darah. Efek ini baik untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: