Aset Digital Bitcoin cs Melemah Hari Ini, Kenaikan Suku Bunga AS Jadi Penyebab

Aset Digital Bitcoin cs Melemah Hari Ini, Kenaikan Suku Bunga AS Jadi Penyebab

Ilustrasi Bitcoin-David McBEE-Pexels

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Aset kripto Bitcoin, Etherium dan Kripto berkapitalisasi pasar utama serta lainnya kembali melemah dalam perdagangan hari ini, Jumat, 14 Januari 2022.

Pelemahan ini disebabkan oleh Investor yang memangkas posisi beli karena mereka bertaruh bahwa beberapa kenaikan suku bunga AS, sepenuhnya diperhitungkan untuk tahun 2022.

Keyakinan bahwa ekonomi Inggris dapat menahan wabah COVID-19 terbaru dan bahwa Bank of England dapat menaikkan suku bunga mulai Februari 2022 telah menopang pound, meskipun krisis politik mengancam posisi Perdana Menteri Boris Johnson.

(BACA JUGA:Aset Digital Bitcoin cs Menguat, Ini Faktor Pemicunya)

Sementara itu, suku bunga berjangka AS telah mengunci empat kenaikan suku bunga pada tahun 2022, didukung oleh pejabat Fed termasuk calon wakil ketua Lael Brainard.

"Investor  Kripto tampaknya mengisyaratkan bahwa mengakhiri pelonggaran kuantitatif, menaikkan suku bunga empat kali, dan memulai pengetatan kuantitatif semuanya dalam waktu sembilan bulan begitu agresif sehingga akan membatasi ruang lingkup untuk kenaikan lebih jauh," kata  Public Relation Manager Litedex Protocol , David Saragih dalam catatannya.

"Ini sebenarnya telah memperkuat keyakinan bahwa dana puncak Fed akan berada di bawah 2% . Apa yang bisa mengubah ini? Kita perlu melihat data ekonomi yang meyakinkan pasar akan pertumbuhan yang lebih kuat. Itu bisa melihat pemikiran pada tingkat suku bunga fed fund terminal. bergeser lebih tinggi. Itu akan menjadi katalis untuk penguatan Kripto kedepannya, " tambah catatan itu.

(BACA JUGA:Kurs Rupiah 12 Januari 2022 Berakhir Melemah, Varian Omicron Lagi-Lagi Jadi Penyebab)

Mengutip coinmarketcap.com, aset bitcoin melemah 2,32 persen selama 24 jam terakhir menjadi USD42.596,8 per keping. Sedangkan sepekan ini BTC turun 0,91 persen.

Sementara, ethereum melandai 2,4 persen menjadi USD3.264,1 per keping. Selama sepekan ini, ethereum meradang 3,77 persen. Senada, binance coin (BNB) turun 0,3 persen dibandingkan perdagangan sehari sebelum menjadi USD479,18. Namun, tujuh hari ini BNB masih menguat 1,7 persen.

Lanjut, ada aset solana (SOL) yang melemah 1,3 persen menjadi USD147,65 per koin. Sedangkan sepekan ini solana menguat 0,28 persen. Kemudian, aset cardano (ADA) rontok nyaris 7 persen menjadi US$1,24. Dalam sepekan cardano terkoreksi 1,93 persen.

(BACA JUGA:IHSG Hari Ini Berpeluang Rebound Terbatas, Mainkan Saham Rekomendasi Analis)

Sementara itu, aset ripple (XRP) anjlok 2,69 persen menjadi USD0,7712 per keping. Sepekan ini XRP tercatat melemah 0,25 persen. Juga memerah, aset terra (LUNA) dan polkadot (DOT) masing-masing turun 0,75 persen dan 0,44 persen menjadi USD79,46 dan USD26,73 secara berturut-turut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: