Ribuan Jamaah Umrah Dipulangkan Bertahap

Ribuan Jamaah Umrah Dipulangkan Bertahap

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH) mencatat, sebanyak 18.589 jemaah umrah berada di Arab Saudi. Rencananya, mereka akan dipulangkan secara bertahap setelah menyelesaikan rangkaian perjalanan dan ibadah umrahnya sesuai paket masing-masing. Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Arfi Hatim mengatakan, bahwa ribuan jamaah umrah tersebut yakni yang berangkat dari Indonesia sebelum dikeluarkannya aturan penangguhan sementara akses masuk ke Arab Saudi. "Sampai hari ini, tercatat ada 18.589 jemaah umrah yang berada di Arab Saudi. Mereka akan dipulangkan secara bertahap, untuk hari ini misalnya, data kepulangan tercatat mencapai 4.763 jemaah," kata Arfi, Kamis (5/3).

BACA JUGA: Siapa yang Paling Rentan Corona?

Mereka yang akan pulang, kata Arfi, akan dibawa oleh 13 maskapai penerbangan, yaitu: Air Asia, Citilink, Emirates Airlines, Ethiopian Airlines, Etihad Airways, Flynas Airlines, Garuda Indonesia, Lion Air, Malaysia Airlines, Oman Air, Saudi Arabian Airlines, Srilankan Air, dan Turkish Airlines. "Sebagian ada yang penerbangan langsung ke beberapa bandara di Indonesia, sebagian lainnya transit di Kualalumpur, Dubai, Addis Ababa, Abu Dhabi, Singapura, Turki, dan Queen Alia," tuturnya. Sementara itu, Kasubdit Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Noer Aliya Fitra menambahkan, bahwa berdasarkan data Siskopatuh pemulangan jemaah umrah Indonesia yang saat ini masih di Saudi berakhir 15 Maret mendatang. "Dari data Siskopatuh, pemulangan terakhir jemaah umrah Indonesia pada 15 Maret 2020," ujarnya. Nafit, panggilan akrabnya, menghimbau kepada seluruh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang masih memberikan pelayanan kepada jemaah di Arab Saudi, Nafit berpesan agar tetap mengawal dan menjaga jemaahnya.

BACA JUGA: Pasien Diisolasi Bertambah, Siapkan Skenario Terburuk

"PPIU harus memastikan jemaah mendapatkan layanan sesuai paket dan jiga mendapat perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. Nafit juga meminta, keluarga jemaah di Indonesia tetap tenang karena proses pemulangan akan dilakukan sesuai jadwal yang telah direncanakan dan dipantau tim KJRI. "Pihak keluarga diminta tetap tenang, kami akan mengupayakan pemulangaan akansesuai jadwal," pungkasnya. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: