News

Jelang Pembukaan Rakernas ke-V PDIP, Megawati Akan Terima Obor Api Perjuangan dari Atlet

fin.co.id - 2024-05-24 12:49:55 WIB

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat saat konferensi pers sebelum kegiatan Rakernas ke-5 PDIP dimulai.

FIN.CO.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) ke-5 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat 24 Mei 2024. Pada kegiatan tersebut, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan menerima langsung api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat saat konferensi pers sebelum kegiatan Rakernas ke-5 PDIP dimulai.

BACA JUGA:

"Api perjuangan ini nanti akan diberikan oleh para atlet dan para kader partai kepada Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) pada saat pembukaan rakernas," ujar Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan, Jumat 23 Mei 2024.

Sebelumnya, api abadi yang diberi nama api perjuangan yang tak kunjung padam itu sempat melewati 20 Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan sampai di Jakarta pada 22 Mei 2024. Tepatnya sehari sebelum rakernas tersebut dimulai.

"Kemarin, sudah diterima api abadi yang dibawa pelari maraton dan estafet dari api abadi Mrapen Grobogan, alhamdulillah kemarin jam 16.30 WIB sore diterima di Kemayoran dan dibawa oleh Sekjen Partai, Pak Hasto Kristiyanto untuk ke acara rakernas," kata Djarot.

"Dan kemudian api abadi itu diserahkan kepada Pak Komarudin Watubun, ketua bidang kehormatan dan kemudian disimpan di sini," sambungnya.

Lebih lanjut, Djarot menjelaskan, api abadi yang dibawakan sejauh 526 kilometer (km) itu menjadi suatu rangkaian dari rakernas sekaligus simbol semangat PDI perjuangan yang dinilai tak pernah padam.

"Semangat untuk tetap menegakkan dan melaksanakan konstitusi, melaksanakan ideologi Pancasila, menjujung moral dan etika serta menghormati satu proses di dalam kepemimpinan politik," tandasnya.

Diketahui, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyambut kedatangan rombongan pembawa Obor Api 'Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam' di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis 23 Mei 2024.

Hasto, didampingi oleh sejumlah tokoh PDIP seperti Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen dan Ketua DPP PDIP Wiryanti Sukamdani, serta anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Kris Dayanti dan Putra Nababan, turut menyambut rombongan tersebut. 

Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP), Hendrar Prihadi, dan Ketua Umum Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Wanto Sugito, juga ikut dalam penyambutan tersebut. Begitu pula dengan ratusan kader dan simpatisan PDIP menyambut rombongan pembawa Obor Api Perjuangan dengan tepukan tangan meriah. 

Perwakilan rombongan kemudian menyerahkan obor tersebut kepada Hendrar Prihadi sebagai tanda telah tiba di Jakarta.  Hasto kemudian memimpin rombongan menuju arena Rakernas di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta, sambil memegang Obor Api Perjuangan.

BACA JUGA:

(Intan Afrida Rafni)

Admin
Penulis